Ingin kabur! Pencuri sarang walet ditembak

id Pencuri,sarang walet,ditembak,polisi barsel

Ingin kabur! Pencuri sarang walet ditembak

Ilustrasi (Istimewa)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Seorang pencuri sarang walet di Desa Gunung Rantau, Kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah ditembak aparat kepolisian polres setempat.

"Pelaku pencuri sarang burung walet tersebut bernama Syem Firdaus," kata Kapolres Barito Selatan AKBP Eka Syarif Nugraha Husen diwakili Kapolsek Dusun Utara Ipda Driono, di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, pelaku terpaksa ditembak pada kaki kiri dan kanannya, karena pada saat dilakukan penangkapan berusaha melarikan diri.

Penangkapan terhadap pelaku, awalnya dari laporan pemilik sarang walet yang merasa curiga karena burung beterbangan keluar dari bangunan sarang.

"Setelah menerima laporan, dan mengantongi identitas pelaku, kami langsung bergerak ke lapangan, dan beberapa saat kemudian pelaku berhasil ditangkap," kata Kapolsek Dusun Utara.

Ia mengungkapkan, aksi pencuri yang satu ini tergolong nekat, pelaku memanjat pohon di dekat bangunan walet milik Reno Mulyadi di Desa Gunung Rantau.

Kemudian pelaku mengaitkan jangkar yang sudah diikatkan seuntai tali ke lubang atas tempat keluar masuk burung walet, dan memanjat ke bangunan walet menggunakan tali tersebut.

Pelaku berhasil mencuri sekitar 1 kilogram sarang burung walet, akan tetapi beberapa saat kemudian pihaknya berhasil menangkap Syem Firdaus.

Pelaku bersama barang bukti sarang walet, dan barang bukti lainnya telah diamankan di Mapolres Barito Selatan untuk proses lebih lanjut.

"Pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 3, ke 4 dan ke 5 KUHP," demikian kata Driono.