Semarakkan HUT Kemerdekaan, Pemkab Kotim gelar lomba dan kegiatan sosial

id Semarakkan HUT Kemerdekaan, Pemkab Kotim gelar lomba dan kegiatan sosial,Agustus,Sampit,Supian Hadi

Semarakkan HUT Kemerdekaan, Pemkab Kotim gelar lomba dan kegiatan sosial

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotim Alang Arianto memeriksakan kesehatannya saat acara pemeriksaan kesehatan gratis untuk memeriahkan HUT ke-73 Republik Indonesia, Kamis (16/8/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, mengajak masyarakat menyemarakkan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai kegiatan, seraya menggelorakan semangat perjuangan.

"Kalau cuma memasang bendera merah putih saja tidak mau, saya rasa itu kelewatan. Kita hargai perjuangan para pahlawan kita dulu mengorbankan jiwa dan raga mereka untuk merebut kemerdekaan bangsa ini," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Halikinnor di Sampit, Kamis.

Sesuai arahan Bupati H Supian Hadi, seluruh satuan organisasi perangkat daerah diperintahkan memasang bendera merah putih dan umbul-umbul. Untuk memeriahkan suasana, banyak instansi yang menggelar berbagai kegiatan.

Salah satunya seperti yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur. Mereka menggelar berbagai perlombaan seperti tarik tambang, membawa kelereng dengan sendok, memasukkan air ke dalam botol, memasukkan pensil ke dalam botol, joget berpasangan hingga lomba berlari sambil menjepit terong.

Peserta kegiatan yaitu pegawai Badan Kepegawaian Daerah bersama suami atau istri dan anak mereka. Selain itu, mereka juga menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Suasana sangat meriah karena seluruh pegawai membaur sambil melepas penat dari kesibukan. Panitia menyiapkan berbagai hadiah bagi para pemenang.

"Hikmah yang bisa diambil adalah mempererat silaturahmi, kekompakan, soliditas dan kebersamaan. Harapannya suasana keakraban seperti ini akan berdampak pada peningkatan kinerja secara keseluruhan," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto yang juga ikut menjadi peserta lomba.

Alang membenarkan adanya imbauan dari kepala daerah untuk satuan organisasi perangkat daerah dalam ikut menyemarakkan perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak melulu perlombaan, tetapi banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti bakti sosial dan lainnya.

Masyarakat juga diajak memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Momen ini diharapkan mengobarkan kembali semangat perjuangan untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan.

Sementara itu, upacara peringatan detik-detik Proklamasi akan dilaksanakan pada Jumat (17/8) di Stadion 29 November Sampit. Namun sebelumnya, satuan organisasi perangkat daerah menggelar upacara bendera di kantor masing-masing.