Enam desa di Kapuas diberi penghargaan atas capaian status mandiri

id Enam desa di Kapuas diberi penghargaan atas capaian status mandiri, kalteng, kapuas, hut Kapuas, desa

Enam desa di Kapuas diberi penghargaan atas capaian status mandiri

Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi memberikan Piagam Penghargaan kepada kepala desa yang berprestasi, Kamis (21/3/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Enam desa di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menerima penghargaan dari pemerintah daerah setempat karena berhasil mencapai peningkatan status dari desa maju menjadi mandiri.

“Pemkab Kapuas memberikan penghargaan bagi enam desa yang tahun ini meningkat statusnya dari desa maju menjadi desa mandiri,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Kamis.

Penyerahan penghargaan ini, dilakukan bertepatan dengan momentum peringatan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Sebelumnya pada tahun 2022 hanya dua desa, dan tahun 2023 meningkat menjadi delapan desa dengan bertambahnya enam desa baru.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas tegaskan pemkab komit wujudkan pemerintahan baik dan bersih

Untuk itu, kebijakan pemerintah daerah setempat terkait meningkatnya desa ini adalah dengan memberikan insentif berupa bantuan keuangan tambahan melalui Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp200 juta bagi desa berstatus mandiri.

“Nah ini mekanisme disalurkan melalui ADD dan kita berharap desa-desa lain juga bisa meningkatkan kinerjanya, sehingga bisa meningkat statusnya dari desa maju ke mandiri. Kita berharap target kami tahun 2024 dari delapan desa ini kita tingkatkan lagi menjadi 20 desa berstatus mandiri di kabupaten setempat sesuai target kinerja di Dinas PMD setempat,” harapnya.

Sebelumnya, penyerahan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, usai melaksanakan upacara peringatan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Pemerintah Kabupaten Kapuas, bertempat di lapangan stadion olahraga Panunjung Tarung Kuala Kapuas.

Adapun enam desa yang menerima penghargaan tersebut, di antaranya Desa Saka Mangkahai, Penda Ketapi dan Basuta Raya, Kecamatan Kapuas Barat, Desa Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah, Sei Hanyo, Kecamatan Kapuas Hulu dan Warna Sari, Kecamatan Tamban Catur.

Baca juga: HUT ke-218 harus jadi momentum lebih memajukan pembangunan di Kota Kapuas

Baca juga: Permudah implementasi Siskeudes Online, Pemkab Kapuas bentuk tim dari empat OPD

Baca juga: Cegah korupsi di desa, Kejari Kapuas gandeng DPMD giatkan sosialisasi