Pemkot Palangka Raya diminta fokus kelola dan kembangkan pariwisata

id dprd palangka raya,pemkot palangka raya,pariwisata,Disbudpar,Pemkot Palangka Raya diminta fokus kelola dan kembangkan pariwisata

Pemkot Palangka Raya diminta fokus kelola dan kembangkan pariwisata

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Rusdiansyah. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya meminta pemerintah kota setempat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) semakin aktif dan kreatif dalam mempromosikan destinasi wisata.

"Disbudpar harus semakin kreatif dan inovatif dalam pengelolaan dan promosi destinasi wisata. Selain itu fasilitas di objek wisata tersebut juga harus ditambah sehingga semakin menarik minat wisatawan berkunjung," kata Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Rusdiansyah, Selasa.

Politisi PBK ini juga meminta pemerintah kota semakin fokus mengelola dan mengembangkan pariwisata yang menjadi unggulan.

"Sampai saat ini kita belum memiliki objek wisata unggulan atau `landmark` yang ikonis. Padahal sektor wisata bisa menjadi salah satu penyumbang PAD bagi daerah," katanya.

Menurut Dia, jika pemerintah kota berhasil mengembangkan satu destinasi wisata unggulan maka destinasi yang lain akan turut terpromosikan.

Rusdiansyah juga meminta pemerintah kota melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak terkait promosi dan pengembangan objek wisata.

Seharusnya dinas bisa memaksimalkan keberadaan pihak swasta dalam pengembangan wisata. Misalkan dengan pihak hotel dan agen travel menyediakan paket wisata. Lebih bagus jika bisa menggandeng investor.

Selain itu, pemerintah kota juga harus mampu memanfaatkan perkembangan dan kemudahan dalam mengakses teknologi untuk meningkatkan promosi.

"Salah satu kelebihan promosi melalui teknologi atau internet ialah tidak memerlukan biaya mahal, memiliki jangkauan luas dan hanya memerlukan kreatifitas," katanya.

Selain itu, pemerintah juga harus mengintensifkan pelaksanaan agenda rutin kepariwisataan baik yang berskala regional Kalimantan dan nasional.

Sementara Kepala Disbudpar Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Norma Hikmah, mengatakan pihaknya pada 2018 fokus mengembangkan dua objek wisata.

Kedua objek wisata tersebut yakni kawasan wisata Kereng Bangkirai dan kawasan wisata Flamboyan Bawah.

Pengembangan kawasan wisata tersebut dilakukan dengan peningkatan infrastruktur seperti penambahan gazebo, penambahan pagar pengaman, penataan UKM, serta pembuatan zona khusus swafoto (selfie) berlatar belakang pemandangan alam.