Mampukah Palangka Raya wujudkan kota layak anak?

id DPRD Palangka Raya,Kota Layak Anak,Mukarramah,Palangka Raya wujudkan kota layak anak

Mampukah Palangka Raya wujudkan kota layak anak?

Ilustrasi (Ist)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah,M.AP meminta pemerintah kota setempat segera mewujudkan Kota Layak Anak di Kalimantan Tengah.

"Diharapkan langkah dan komitmen pemko dalam hal kota layak anak segera terwujud agar hak-hak anak bisa terpenuhi dan terlindungi," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Politisi Pasdem itu meminta jajaran pemerintah kota yang terkait semakin bersinergi mewujudkan "Kota Cantik" ini sebagai kota layak anak.

Tak hanya sinergi dalam program pemberdayaan dan pengembangan kemampuan anak, tetapi juga bersinergi menambah fasilitas dan ruang publik yang ramah untuk anak.

Misalnya menyediakan fasilitas bermain dan menyiapkan perpustakaan dan memastikan keamanan dan kenyamanan bagi anak di kawasan ruang publik.

"Ingat. Untuk mewujudkan itu, harus pula ada penguatan kelembagaan, lingkungan, kesehatan dan kesejahteraan termasuk sarana dan prasarana hingga kota layak anak bisa terwujud secara penuh," katanya.

Dia menambahkan, upaya mewujudkan kota layak anak juga harus sejalan dan sesuai dengan undang undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

Kota Palangka Raya sendiri pada periode 2015 telah dicanangkan sebagai salah satu kota di Indonesia yang berkomitmen mewujudkan kota layak anak.

"Kita mengapresiasi dan mendukung Pemko Palangka Raya untuk mewujudkan `Kota Cantik` sebagai kota layak anak. Maka kami minta seluruh pihak yang terkait dapat bersama-sama mewujudkan itu," kata Mukarramah.