DPRD Seruyan berharap putra daerah dominasi kelulusan tes CPNS

id DPRD Seruyan,wakil ketua dprd seruyan,Norhasan ,CPNS di seruyan

DPRD Seruyan berharap putra daerah dominasi kelulusan tes CPNS

Wakil Ketua DPRD Seruyan Norhasan (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

banyak dari oknum pegawai sering tidak berada di tempat sehingga masyarakat yang ingin berurusan menjadi kesulitan
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mengharapkan putra-putri daerah mampu bersaing dan mendominasi hasil kelulusan pada seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018.

"Kami ingin melihat putra-putri asli daerah Seruyan berusaha secara maksimal agar lulus dan menjadi CPNS pada seleksi yang dimulai pada Sabtu (10/11) mendatang," kata Wakil Ketua DPRD Seruyan Norhasan di Kuala Pembuang, Jumat.

Formasi CPNS yang tersedia dinilai lebih efektif jika diisi putra-putri asli daerah, karena akan memiliki rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Seruyan. Semangat untuk membangun daerah pun secara otomatis jauh lebih tinggi dibandingkan yang berasal dari luar Seruyan.

Selama ini pada seleksi penerimaan CPNS yang digelar di Seruyan seringkali didominasi oleh pendaftar yang berasal dari luar daerah. Akibatnya banyak dari mereka yang belum lama mengabdi merasa tidak betah dan ingin mengajukan pindah tugas ke daerah lain.

Menurutnya hal ini berakibat pada kinerja CPNS yang tidak optimal dan dikeluhkan masyarakat. Seperti formasi CPNS yang terisi di daerah pelosok, banyak dari oknum pegawai sering tidak berada di tempat sehingga masyarakat yang ingin berurusan menjadi kesulitan.

"Makanya kami berharap agar peserta yang lulus pada seleksi penerimaan CPNS tahun ini didominasi putra-putri asli Seruyan. Jadi tidak mungkin mereka mengajukan pindah keluar daerah," ungkapnya usai mengikuti kegiatan pengarahan peserta tes CPNS.

Keunggulan lainnya dari putra-putri asli daerah, mereka dinilai lebih mengenal dan mengetahui berbagai wilayah Seruyan, baik ibukota kabupaten maupun kecamatan dan desa. Apabila mereka lulus dan bertugas akan lebih cepat beradaptasi sehingga mampu bekerja secara optimal.

Baca juga: Selain telepon seluler, jimat juga dilarang dibawa peserta seleksi CPNS

Namun apabila peserta yang lulus didominasi yang berasal dari luar daerah, pihaknya mengimbau agar mereka mempersiapkan diri untuk bertugas dan mengabdi di Seruyan.

"Kami tidak ingin mendengar CPNS yang baru dinyatakan lulus mengajukan usulan pindah tugas keluar daerah. Kalau sampai terjadi, mungkin sistem pelaksanaan tes penerimaan CPNS perlu dievaluasi," tuturnya.

Pemerintah kabupaten diminta tegas dan tidak melayani permintaan pindah dari CPNS. Mereka yang baru saja lulus harus diberikan peringatan agar siap mengabdi di Seruyan minimal selama 20 tahun, agar formasi yang baru saja terisi tidak kembali mengalami kekosongan.

Baca juga: CPNS hasil seleksi wajib tanda tangani pakta integritas