Jangan abaikan, para lansia butuh perhatian dari pihak keluarga

id Pemkab Seruyan,Seruyan,Agus Suharto, para lansia butuh perhatian dari pihak keluarga, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Seruyan Agus Suhart

Jangan abaikan, para lansia butuh perhatian dari pihak keluarga

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Seruyan, Agus Suharto. (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menggelar Lomba Lansia Sehat untuk meningkatkan kesadaran keluarga dalam melayani para orang tua yang sudah lanjut usia (lansia).

"Lomba ini diharapkan memacu kesadaran dan kepedulian kita sebagai anak, keluarga dan masyarakat agar memberikan perhatian, kasih sayang dan pelayanan yang lebih baik kepada orang tua," kata Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Seruyan Agus Suharto di Kuala Pembuang, Senin.

Lansia merupakan seseorang yang sudah mencapai usia 60 tahun ke atas, biasanya kondisi ini berkaitan dengan penurunan daya kemampuan untuk hidup serta penurunan kepekaan secara individual.

Pemerintah kabupaten ingin adanya peningkatan pengetahuan, perubahan sikap dan perilaku serta kesadaran ke arah yang lebih baik kepada orang tua. Hal ini diwujudkan melalui pola asuh, asih dan makan yang lebih baik guna memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Sebagai anak ataupun keluarga, harus aktif menjaga dan memeriksakan kesehatan para lansia yang ada di sekitarnya ke posyandu maupun puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.

"Terus bertambahnya usia para lansia membuat mereka kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri. Sudah menjadi tugas orang disekitarnya untuk membantu mereka melakukan hal tersebut," ungkapnya.

Lomba yang digelar pemerintah kabupaten ini bertujuan mendorong dan menyemangati keluarga agar bersedia merawat para lansia, sehingga mereka tidak merasa kesepian dan merasa tidak berguna di hari tuanya.

Mereka yang dinyatakan sebagai pemenang lomba diharapkan menjadi contoh bagi keluarga dan lansia lainnya di Seruyan, untuk mengedukasi dan menyemangati mereka bagaimana cara memelihara kesehatan dengan baik.

Lomba Lansia Sehat tahun 2018 ini memiliki dua kategori, yaitu laki-laki dan perempuan dengan usia minimal 60 tahun yang merupakan perwakilan masing-masing puskesmas di setiap kecamatan.

"Mereka akan mengikuti sejumlah tahapan dalam lomba ini yang akan dinilai para juri yang berasal dari sejumlah pihak, baik dari Dinas Kesehatan maupun instansi lainnya. Kami berharap kesejahteraan dan kenyamanan para lansia di Seruyan terus meningkat kedepannya," demikian Agus.