Manchester City pesta gol 9-0 ke gawang Burton

id Manchester city,burton,liga inggris, 9-0

Manchester City pesta gol 9-0 ke gawang Burton

Pemain Manchester City Gabriel Jesus (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya Leroy Sane dan Bernardo Silvas setelah berhasil membuat gol pertama untuk timnya ke gawang Everton dalam laga minggu ke-17 Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu (15/12/2018). (ANTARA FOTO/Reuters-Andrew Yates/hp).

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Manchester City menggelar pesta sembilan gol tanpa balas ke gawang tim kasta ketiga, Burton Albion, dalam laga pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Kamis pagi WIB.

Kemenangan yang disokong trigol Gabriel Jesus, dwigol Phil Foden serta sumbangan satu gol dari Kevin De Bruyne, Olexandr Zinchenko, Kyle Walker dan Riyad Mahrez itu membuat satu kaki City sudah menjejaki partai final, demikian catatan pertandingan laman resmi Piala Liga Inggris.

Hasil itu sekaligus meringankan beban tim besutan Pep Guardiola tersebut saat melawat ke markas Burton di Stadion Pirelli pada Kamis (24/1) dini hari WIB untuk laga kedua.

Burton sebetulnya memulai pertandingan dengan sangat positif ketika mereka melakukan serangan pertama dan Lucas Akins melepaskan tembakan tepat sasaran yang sayangnya masih mudah diantisipasi kiper muda City, Arijanet Muric.

Namun lantas tuan rumah merespon cepat saat De Bruyne berhasil memenangi duel udara kendati diapit dua bek Burton untuk menyundul bola umpan lambung kiriman David Silva demi membawa City unggul saat laga baru berjalan lima menit.

Tim tamu berusaha mengimbangi permainan City dan menciptakan serangan berbahaya ketika Akins menyodorkan bola di muka gawang yang sayangnya diselesaikan dengan tendangan melambung dari sasaran oleh Marcus Harness.

Pada menit ke-19, Mahrez berhasil menyarangkan bola ke gawang Burton dengan tendangan voli, namun gol tersebut dianulir lantaran ia terlanjur dalam posisi offside ketika Ilkay Guendogan melepaskan umpan.

Sang juara bertahan lantas menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-30 lewat gol pertama Jesus di laga tersebut dengan sundulan mudah dari jarak dekat menyelesaikan bola muntah hasil tembakan Leroy Sane yang membentur kiper Bradley Collins.

Empat menit berselang Jesus mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan kiriman David Silva. Wasit sempat meninjau teknologi asisten wasit video (VAR) untuk memastikan gol tersebut sah dan skor berubah menjadi 3-0 bagi City.

City tak membutuhkan waktu lama untuk menegaskan mereka tengah menggelar pesta gol ke gawang Burton. Pada menit ke-37 giliran Zinchenko yang mencetak gol dari umpan silangnya yang gagal disambut Jesus namun juga tak mampu diantisipasi Collins hingga bola masuk ke gawang.

Dua menit jelang waktu normal babak pertama usai Mahrez hampir ikut mencatatkan namanya di papan skor lebih awal ketika menerima umpan Sane dengan tendangan voli, namun kali ini Collins bisa mementahkan bola yang datang.

Tertinggal empat gol di babak pertama, Burton tak kehilangan daya juang mereka dan kembali menciptakan peluang pada menit ke-53 saat Scott Fraser menyelesaikan kerja sama umpan satu dua sentuhan bersama Akins dengan tembakan melengkung dari tepi kotak penalti, sayang bola masih melambung tipis dari sasaran.

Empat menit berselang, City malah menegaskan keunggulan mereka ketika Jesus melengkapi raihan trigolnya di laga tersebut dengan melompat untuk menyundul umpan kiriman Mahrez.

Belum puas dengan keunggulan lima gol, City menambahnya lagi menjadi 6-0 lewat gol Foden, yang baru empat menit merumput usai menggantikan De Bruyne, pada menit ke-62.

Tiga menit sesudahnya City mencetak gol ketujuh mereka lewat capaian caturgol Jesus yang dengan mudah menyontek bola di muka gawang menyelesaikan umpan Sane.

Gol kedelapan City di laga itu tercipta pada menit ke-70 saat akselerasi Mahrez diakhiri umpan tarik yang disambut sontekan Walker.

Nasib nahas Collins di bawah mistar gawang Burton rupanya belum berakhir, sebab tujuh menit jelang waktu normal usai Mahrez akhirnya mencatatkan namanya di papan skor dengan tendangan kesempatan kedua setelah menerima umpan dari Bernardo Silva.

Skor telak 9-0 bagi kemenangan tuan rumah terpampang di papan skor Etihad ketika wasit Mike Dean meniup peluit tanda laga usai.

Susunan pemain kedua tim:

Manchester City (4-3-3): Arijanet Muric; Kyle Walker (Danilo), Eric Garcia, Nicolas Otamendi, Olexandr Zinchenko; Kevin De Bruyne (Phil Foden), Ilkay Guendogan, David Silva; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Leroy Sane (Bernardo Silva)
Pelatih: Pep Guardiola

Burton Albion (4-5-1): Bradley Collins; John Brayford, Jake Buxton, Ben Turner, Reece Hutchinson; Marcus Harness, Scott Fraser (Joe Sbarra), Kieran Wallace, Jamie Allen (Ben Fox), Lucas Akins; Liam Boyce (David Templeton)
Pelatih: Nigel Clough