Luar biasa! Masyarakat Seruyan hibahkan tanah dan urunan membangun Pos Koramil

id Luar biasa! Masyarakat hibahkan tanah dan urunan membangun Pos Koramil,Seruyan,Pos,Koramil,Kodim 1015 Sampit

Luar biasa! Masyarakat Seruyan hibahkan tanah dan urunan membangun Pos Koramil

Masyarakat bersama anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas bergotong-royong meratakan tanah di halaman Pos Koramil di Desa Terawan Kecamatan Seruyan Raya, Rabu (23/1/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Seruyan (Antaranews) - Kecintaan masyarakat Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah, terhadap TNI sangat luar biasa, ditunjukkan dengan kerelaan mereka secara swadaya urunan membangun Pos Koramil untuk memudahkan personel menjalankan tugas.

"Kami kasihan melihat Danramil dan anggota Babinsa sampai menyewa kos. Makanya masyarakat terpanggil untuk urunan membantu membangun Pos Koramil ini. Kami bergotong-royong melakukan ini. Ini murni keikhlasan masyarakat di sini," kata tokoh masyarakat Kecamatan Seruyan Raya, Lukmanul Hakim di Desa Terawan, Rabu.

Koramil 1015-15/TLP Kodim 2015 Sampit mencakup dua kecamatan yaitu Danau Sembuluh dan Seruyan Raya. Danau Sembuluh terdiri delapan desa dengan luas 1.555 kilometer persegi, sedangkan Seruyan Raya terdiri lima desa dengan luas 869 kilometer persegi.

Awalnya hanya ada satu kecamatan yaitu Danau Sembuluh sehingga Markas Koramil 1015-15/TLP dibangun di Desa Telaga Pulang. Namun kini kecamatan itu dimekarkan dengan dibentuknya Kecamatan Seruyan Raya.

Kondisi membuat Pelaksana Tugas Komandan Koramil 1015-15/TLP Pelda Supriyono dan anggota Babinsa harus bolak-balik. Mereka pun terpaksa menyewa tempat kos agar bisa beristirahat di sela menjalankan tugas di Kecamatan Seruyan Raya.

Hal itulah yang membuat masyarakat setempat merasa terpanggil membantu membangun Pos Koramil 1015-15/TLP. Mereka sepakat urunan sesuai kemampuan masing-masing agar Pos Koramil tersebut.

Pos Koramil 1015-15/TLP dibangun di sisi ruas jalan Trans Kalimantan Poros Selatan Desa Terawan Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan. Lahan yang digunakan untuk pembangunan seluas 16x50 meter merupakan hibah dari seorang warga bernama Empol, lengkap disertai surat bukti kepemilikannya.

Untuk membangun Pos Koramil berukuran 12x8 meter dengan tiga ruangan, masyarakat setempat urunan sesuai kemampuan dan keikhlasan. Ada yang membantu dalam bentuk uang, semen, keramik, batako, besi, tanah, pasir dan lainnya. Ada pula yang membantu dengan tenaga.

Lukmanul Hakim mengatakan, kondisi Kecamatan Seruyan Raya sangat kondusif, namun masyarakat merasa sangat perlu dengan kehadiran TNI, apalagi di kecamatan itu sudah ada Polsek. Dengan lengkapnya dua kesatuan itu, keamanan dan ketertiban di kecamatan itu diharapkan semakin mantap sehingga masyarakat bisa melaksanakan aktivitas dengan aman dan nyaman.

"Apalagi saat ini menjelang pemilu legislatif, kehadiran TNI dan Polri di tengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga kondusivitas. Kami masyarakat di sini sangat bangga bisa berbuat dan membantu TNI," kata Lukmanul Hakim.

Camat Seruyan Raya Muhammad Hairuddin mengaku bangga kepedulian masyarakat yang secara swadaya membangun Pos Koramil. Ini sebagai bentuk kecintaan dan partisipasi masyarakat dalam menciptakan kondisi daerah yang kondusif.

"Ini demi keamanan dan kenyamanan. Ini juga untuk kepentingan masyarakat agar daerah ini makin aman dan kondusif," harap Hairuddin.

Hairuddin mengakui, dana yang dimiliki pemerintah daerah cukup terbatas untuk membantu pembangunan. Untuk itulah, pemerintah daerah juga sangat berterima kasih atas kepedulian masyarakat yang membantu pembangunan Pos Koramil tersebut.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Komandan Koramil 1015-15/TLP Pelda Supriyono mengaku sangat terharu atas kepedulian masyarakat Kecamatan Seruyan Raya. Selama ini pihaknya berusaha menjalankan tugas dengan baik meski menghadapi kendala jauhnya lokasi serta belum adanya fasilitas kantor di Seruyan Raya.

Supriyono mengaku tidak menyangka masyarakat Seruyan ternyata memperhatikan kendala yang dihadapi pihaknya. Masyarakat datang menyampaikan maksud ingin membantu membangun Pos Koramil dan akhirnya dilaksanakan.

"Selama ini kami memang menjalin komunikasi yang sangat baik dengan masyarakat. Ketika ada masalah atau kendala, kami berdiskusi untuk mencari solusi. Tapi jujur kami tidak menyangka masyarakat sampai rela urunan secara ikhlas membangun Pos Koramil di sini. Kami sangat berterima kasih," kata Supriyono.

Saat ini pembangunan Pos Koramil tersebut sudah mencapai 40 persen. Masyarakat bahu-membahu membantu pembangunan Pos Koramil itu agar cepat selesai.

Supriyono berharap pembangunannya bisa selesai dalam satu bulan ke depan sehingga bisa difungsikan dan dioptimalkan, terlebih menjelang pelaksanaan pemilu serentak 17 April nanti.

Koramil 1015-15/TLP terus berusaha hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif. Program lain yang juga dilaksanakan adalah Karya Bakti TNI dengan membuat jamban sehat untuk keluarga kurang mampu di kecamatan tersebut.

Koramil 1015-15/TLP menjadi kepanjangan tangan Kodim 1015 Sampit dalam melayani masyarakat. Kodim 1015 Sampit mencakup tiga wilayah yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan dan Katingan.

Luas wilayah Kotawaringin Timur mencapai 16.496 km persegi terdiri 17 kecamatan, luas wilayah Seruyan 16.404 km persegi terdiri 10 kecamatan dan luas wilayah Katingan 17.800 km persegi dengan 13 kecamatan. Meski dihadapkan pada luas dan rumitnya geografis tiga kabupaten itu dan sangat terbatasnya jumlah personel serta perwira, jajaran Kodim 1015 Sampit berusaha keras menjalankan tugas dengan baik.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar