Ini tujuh misi RPJMD Pemkab Pulang Pisau

id Ini tujuh misi RPJMD Pemkab Pulang Pisau,Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo , RPJMD Pemkab Pulang Pisau

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo (kiri) memberikan simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada sejumlah kepala desa untuk diserahkan kepada masyarakat usai membuka kegiatan Musrenbang di Kecamatan Sebangau Kuala. (Foto Bagian Protokol Setda Pulang Pisau)

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengatakan bahwa pemerintah setempat melaksanakan tujuh misi pembangunan yang menjadi bagian dalam visi mewujudkan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau yang inovatif, maju, berkeadilan dan sejahera.

"Misi ini sudah tertuang didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang penetapan Peraturan Daerah (Perda) paling lambat dilakukan 22 Maret 2019," kata Edy Pratowo, Selasa (26/2/2019).

Sebanyak tujuh misi yang tertuang dalam RPJMD tersebut, terang Edy Pratowo, adalah percepatan peningkatan sarana dan prasarana wilayah tata ruang dan pemukiman, peningkatan produktivitas hasil sumber daya alam dab lingkungan berkelanjutan, peningkatan kualitas sumber daya alam dan lingkungan. 

Peningkatan sumber daya manusia (SDM), Peningkatan kesejateraan masyarakat melalui program ekonomi kerakyatan, mewujudkan aparatur pemerintah yang bersih berwibawa dan profesional.

Edy mengatakan, pada 2019 ini merupakan periode pertama RPJMD dan telah diatur dalam Peraturan Mendagri Nomor 86 Tahun 2017. Sebanyak tujuh misi ini juga sudah disampaikan dalam setiap kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan, agar diketahui seluruh masyarakat di kabupaten setempat.

Musrenbang yang telah dilakukan dan berjalan pelaksanaannya dibeberapa kecamatan sekarang ini, papar Edy Pratowo, diharapkan menjadi sarana interaktif bagi segenap stakeholder untuk menetapkan program dan kegiatan di Tahun 2020 mendatang. 

Musrenbang juga menjadi forum komitmen bersama diantara para pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efesien, transparan dan akuntabel.

Menurut Edy, target kinerja dalam 2019 ini pos belanja APBD kabupaten setempat ditargetkan sebesar Rp984 miliar lebih dengan pos pendapatan sebesar Rp994 miliar. 

"Diharapkan pertumbuhan ekonomi di daerah setempat bisa mencapai target yang telah ditetapkan yakni sebesar 7,60 persen," demikian Edy Pratowo

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar