Ini cara Disporabudpar Barsel tarik minat pengunjung ke objek wisata Danau Malawen

id objek wisata Danau Malawen,Disporabudpar Barsel,Ini cara Disporabudpar Barsel tarik minat pengunjung ke objek wisata Danau Malawen

Ini cara Disporabudpar Barsel tarik minat pengunjung ke objek wisata Danau Malawen

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporabudpar) Barito Selatan, DR Manat Simanjuntak berfoto bersama pengunjung objek wisata dari SDN-9 Buntok. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (ANTARA) - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata, Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengadakan lomba menyanyi lagu dangdut dalam upaya menarik minat pengunjung untuk mengunjungi di objek wisata Danau Malawen Desa Sanggu.

"Salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk meningkatkan minat masyarakat berkunjung ke objek wisata ini," kata kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporabudpar) Barito Selatan, Manat Simanjuntak, di Buntok, Minggu.

Ia mengatakan, lomba ini dilaksanakan pihaknya setiap Minggu pada Februari hingga awal Maret ini, dan hasilnya jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan dalam setiap minggunya.

"Pada final lomba hari ini, animo masyarakat yang berkunjung mencapai mencapai kurang lebih 1.100 orang, dan hal itu terlihat dari jumlah tiket masuk, dan pembelian kupon door prize," ucapnya.

Dengan melihat banyaknya jumlah pengunjung, berarti masyarakat masih mencintai objek wisata Sanggu ini. Oleh karena itu pihaknya akan membuat kalender kegiatan pariwisata dalam setiap bulannya supaya kedepannya bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) melalui ekonomi kreatif.

"Pada Februari hingga awal Maret ini, kegiatan yang dilaksanakan dalam bidang pariwisata, dan selanjutnya pada Maret ini juga akan dilaksanakan kegiatan lomba bidang kebudayaan pada objek wisata Sanggu ini berupa lomba tari pedalaman, dan tari pesisir," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut kata dia, pihaknya akan melaksanakan seleksi tari pedalaman, dan tari pesisir tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat SLTA.

"Pemenang tari tingkat SLTA akan kita kirim untuk mengikuti Festival Isen Mulang yang mana Barito Selatan pada 2019 ini sebagai tuan rumahnya," ucap Manat Simanjuntak.

Melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan nantinya, diharapkan sektor pariwisata di Barito Selatan ini bisa terus menggeliat sehingga kedepannya dapat maju seperti daerah lain.

Ia juga berharap peran media agar selaras dengan gerak langkah pihaknya untuk menyebarluaskan informasi bukan hanya objek wisata Sanggu saja, akan tetapi destinasi wisata lainnya di daerah ini seperti liang lempang, kampung terapung, kerbau rawa, air terjun, dan tanaman anggrek.

"Kita nantinya akan melaksanakan pameran anggrek berbagai varietas, dan lomba lainnya untuk menyemarakkan iven pariwisata yang dilaksanakan dalam setiap bulannya," ujar Manat Simanjuntak.

Pantauan Antara, pada saat acara final menyanyi lagu dangdut tersebut berlangsung, ribuan warga berdatangan untuk melihat acara sekaligus menikmati indahnya panorama objek wisata Danau Sanggu itu.