STQ Kalteng digelar usai pemilu serentak

id Seleksi Tilawatil Qur'an,STQ,pemilu serentak,Stadion Sanaman Mantikei,Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kalteng, Nuryakin,qori-q

STQ Kalteng digelar usai pemilu serentak

Rapat panitia persiapan pelaksanaan STQ ke-XXII Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya, Rabu, (13/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Kalimantan Tengah (ANTARA) - Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-XXII Provinsi Kalimantan Tengah akan digelar usai diselenggarakannya pemilu serentak, yakni sejak 25 April hingga 1 Mei 2019 mendatang.

"STQ Kalteng tahun ini akan dipusatkan di Palangka Raya dengan lokasi kegiatan di sebanyak 10 titik berbeda," kata Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kalteng, Nuryakin di Palangka Raya, Rabu.

Lokasi yang akan digunakan diantaranya, kawasan Stadion Sanaman Mantikei, IAIN, UMP, asrama haji, masjid raya, Bappedalitbang dan beberapa lokasi lainnya. Saat ini pihaknya telah melakukan rapat panitia dan pembagian kerja masing-masing bidang.

Nuryakin menginginkan, agar pelaksanaan STQ kali ini sukses dalam penyelenggaraan, kejuaraan serta ekonomi kerakyatan. Sebab pada kegiatan tersebut akan ada pameran dari masing-masing daerah serta pasar rakyat.

"Akan ada massa yang berkumpul dari berbagai daerah di Kalteng, makanya kami ingin kesempatan ini dimaksimalkan untuk meningkatkan perputaran roda perekonomian masyarakat," paparnya.

Para peserta yang bertanding nantinya, dipersiapkan untuk mengikuti ajang serupa di tingkat nasional yang rencananya akan diselenggarakan di Kalimantan Barat. Kalteng memiliki target khusus pada kegiatan itu, minimal mempertahankan capaian sebelumnya yakni berada dalam 10 besar nasional.

Untuk itu, pada STQ Kalteng ini seluruh kafilah dari kabupaten/kota diwajibkan menggunakan qori-qoriah yang benar-benar berasal dari daerahnya dan tidak boleh mendatangkan mereka yang berasal dari luar daerah.

"Ini sudah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir dengan menggunakan basis data terpadu. Sehingga daerah yang menggunakan qori-qoriah dari luar akan segera ketahuan," jelas Nuryakin.

Sejumlah cabang lomba pada STQ nantinya, meliputi tilawah, tahfizh, syarh Al Qur'an, qiraat, fahm dan lainnya. Menurutnya jumlah cabang yang dilombakan memang lebih sedikit dibandingkan MTQ, namun hal tersebut tidak akan memengaruhi kualitas pelaksanaan lomba.

Rencananya pada pembukaan dan penutupan kegiatan, akan didatangkan artis ibukota untuk meramaikan suasana. Hanya saja siapa artis yang akan datang belum bisa dipastikan hingga saat ini.