MTQ XI Pulang Pisau memupuk kecintaan kepada Al Quran

id Pemkab pulang pisau, mtq XI pulang pisau, umat islam, syiar islam, musabaqah tilawatil quran, pulpis, pulang pisau

MTQ XI Pulang Pisau memupuk kecintaan kepada Al Quran

Pembukaan MTQ XI tingkat Kabupaten Pulang Pisau yang dilaksanakan di GPU Handep Hapakat Minggu (20/8/2023) malam. (ANTARA/HO-Diskominfostandi Pulang Pisau)

Pulang Pisau (ANTARA) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XI tingkat Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah diikuti sebanyak 299 peserta perwakilan dari delapan kecamatan dan diharap menjadi salah satu program di bidang agama dalam pengembangan syiar Islam.

“MTQ ini diharapkan menjadi pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan menjalin silaturahmi dalam rangka memupuk kecintaan terhadap Al Quran,” kata Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, melalui Staf Ahli Bidang Pembangunan, Hukum, dan Politik Iwan Hermawan di Pulang Pisau, Minggu malam.

Dikatakan Iwan Hermawan, perkembangan kehidupan beragama selama ini di kabupaten setempat relatif menggembirakan, terutama pada tingkat pelaksanaan ritual keagamaan yang didukung dengan meningkatnya penyediaan sarana dan fasilitas keagamaan yang ditunjukkan dalam kegiatan keagamaan yang tumbuh subur.

Salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, dan di antaranya adalah melalui kegiatan MTQ.

Dalam pembukaan MTQ XI yang dilaksanakan di GPU Handep Hapakat, Iwan mengajak umat Islam di kabupaten setempat untuk selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Al Quran.

Baca juga: Dishanpang Kalteng perluas bantuan penanganan stunting hingga Barito Timur

Selain itu agar bisa mengamalkan pemahaman Al Quran di dalam kehidupan, sehingga mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi dan keharmonisan dalam beragama, sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa. 

“Saya harapkan generasi muda yang terlibat dalam kegiatan ini semakin memiliki pemahaman yang benar tentang isi dan kandungan Al Quran,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh peserta yang berlomba dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki untuk menjadi yang terbaik, sportif dalam berlomba, serta juga menjalin silaturahmi sesama peserta. Termasuk menjaga kesehatan karena sangat penting untuk menunjang penampilan yang terbaik.

“Dewan hakim agar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, lakukan penilaian seadil-adilnya, hilangkan rasa ego dan kepentingan pribadi, guna memilih qori-qoriah, hafizh-hafizhah dan peserta yang terbaik dengan jujur dan adil,” demikian Iwan Hermawan.

Sebanyak 299 peserta perwakilan dari delapan kecamatan yang ikut ambil bagian dalam MTQ XI meliputi Kecamatan Kahayan Hilir sebanyak 42 peserta, Banama Tingang 27 peserta, Pandih Batu 46 peserta, Maliku 37 peserta, Sebangau Kuala 39 peserta, Kahayan Tengah 35 peserta, Jabiren Raya 34 peserta dan Kecamatan Kahayan Kuala sebanyak 39 peserta.

Beberapa cabang kategori putra-putri yang diperlombakan diantaranya seni baca Al Quran, hafalan Al Quran, fahmil, syarhil, karya tulis ilmiah, seni kaligrafi, dan qiroat sabah.

Baca juga: Polda Kalteng sukseskan Program Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini

Baca juga: Bupati Pulang Pisau: Hari kemerdekaan menjadi momentum mengenang jasa pahlawan

Baca juga: Pulang Pisau raih penghargaan KLA kategori madya dari Kementerian