Pulang Pisau raih penghargaan KLA kategori madya dari Kementerian

id Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Pulang Pisau raih penghargaan Kabupaten Layak Anak, (KLA, pulang pisau kota Layak Anak, kota Layak Anak kat

Pulang Pisau raih penghargaan KLA kategori madya dari Kementerian

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo bersama Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pulang Pisau dr Bawa Budi Raharja usai penyerahan penghargaan bagi penghargaan Kabupaten/kota Layak Anak (KLA). ANTARA/ HO-Diskominfostandi Pulang Pisau.

Pulang Pisau  (ANTARA) - Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, meraih penghargaan Kabupaten/kota Layak Anak (KLA) kategori madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, yang diserahkan Wakil Gubernur Edy Pratowo saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, di Palangka Raya, Kamis (17/08/23).

Diperolehnya penghargaan KLA ini dapat memotivasi seluruh peran serta perangkat daerah dan instansi vertikal lainnya, kata Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pulang Pisau dr Bawa Budi Raharja, di Pulang Pisau, Kamis.

"Termasuk memotivasi peran media, dunia usaha, lembaga masyarakat dan Forum Anak Daerah  (FAD) kabupaten setempat untuk berjuang pada tahun berikutnya," tambahnya.

Bawa yang mewakili Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dalam menerima penghargaan ini pun memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih  kepada  kepada semua pihak, terkhusus kalangan dan Tim Gugus Tugas KLA Pulang Pisau yang sudah sangat membantu, sehingga tahun ini bisa memperoleh penghargaan untuk kedua kalinya, dan naik satu peringkat dari sebelumnya dari kategori pratama ke kategori Madya.

Dia mengatakan bahwa penghargaan yang diterima ini sebagai bentuk perwujudan dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak di kabupaten/kota se-Kalteng.

"Apabila 14 Kabupaten/Kota  sudah mendapatkan penghargaan KLA, maka Provinsi Kalimantan Tengah bisa menjadi provinsi Layak Anak (PROVILA) serta menuju Indonesia Layak Anak (IDOLA) yang diharapkan tercapai tahun 2030 dan Indonesia Emas Tahun 2045," demikian Bawa.

Baca juga: Paskibraka Pulang Pisau dikukuhkan siap jalani tugas negara

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2023, kabupaten/kota yang meraih penghargaan yaitu Kota Palangka Raya memperoleh Penghargaan KLA kategori madya. Kabupaten Kotawaringin Barat memperoleh penghargaan KLA kategori madya dan Kabupaten Pulang Pisau memperoleh penghargaan KLA kategori madya. 

Kabupaten Kotawaringin Timur juga turut memperoleh penghargaan untuk KLA kategori pratama bersama Kabupaten Sukamara, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Kapuas.

Baca juga: Bupati Pulang Pisau: Tidak ada perjalanan dinas bagi OPD abaikan laporan

Baca juga: Rumah warga dan fasilitas umum di Pulpis rusak akibat abrasi

Baca juga: Diskominfostandi Pulang Pisau sinkronisasikan pemenuhan data standar