Paskibraka Pulang Pisau dikukuhkan siap jalani tugas negara

id Paskibraka Pulang Pisau dikukuhkan siap jalani tugas negara, kalteng, Pulang Pisau, hut ri, pulpis

Paskibraka Pulang Pisau dikukuhkan siap jalani tugas negara

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau, Tony Harisinta mengukuhkan Paskibra yang dilaksanakan di aula Bappedalitbang, Selasa (15/8/2023). ANTARA/Adi Waskito 

Pulang Pisau (ANTARA) - Pasukan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Pulang Pisau yang telah menjalani pelatihan dan penggemblengan selama sembilan hari akhirnya dikukuhkan dan resmi menjadi pasukan pengibar bendera merah putih di peringatan ke-78 tahun hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus. 

“Paskibraka yang telah dikukuhkan ini selanjutnya bisa menjalankan tugas negara yang telah diberikan. Selamat berjuang, semoga perjuangan ini mendapatkan ridho dari Tuhan Yang Maha Esa,” kata Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Tony Harisinta di Pulang Pisau, Selasa.

Dikatakan Pudjirustaty, menjadi Paskibraka pasti memiliki rasa bangga menjadi pemuda pemudi yang mampu mendarmabaktikan segala jiwa raga untuk mengisi kemerdekaan negara yang dicintai ini. Banyak pengetahuan yang telah didapatkan selama pelatihan yang digembleng oleh pelatih dari TNI Polri, panitia, dan para pendamping sampai waktunya dikukuhkan.

Baca juga: Bupati Pulang Pisau: Tidak ada perjalanan dinas bagi OPD abaikan laporan

Ia mengungkapkan, tidak semua pemuda pemudi yang ada di Kabupaten Pulang Pisau memiliki kesempatan bisa menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka merah putih di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Amanah yang diemban adalah tugas yang sangat berat, namun mempunyai nilai yang sangat mulia karena para Paskibraka ini merupakan tunas-tunas bangsa, harapan bangsa, dan negara dengan mewujudkan sikap rela berkorban. 

“Paskibraka yang terpilih ini telah mewujudkan Dharma Bhakti kepada bangsa dan negara, sebagaimana juga kepada para pahlawan yang rela berkorban jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa dan negara,” ucapnya.

Paskibraka terpilih ini, terang Tony Harisinta, pastinya telah ditanamkan banyak hal yang terkait dengan patriotisme agar bisa berjiwa besar.

Dirinya juga berterima kasih kepada para pelatih dan unsur terkait yang telah memberikan pendidikan dan pelatihan serta pembinaan kepada para Paskibraka Kabupaten Pulang Pisau 2023 sehingga Paskibraka siap melaksanakan tugas yang diamanatkan untuk melakukan pengibaran bendera pusaka merah putih pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Rumah warga dan fasilitas umum di Pulpis rusak akibat abrasi

Baca juga: Diskominfostandi Pulang Pisau sinkronisasikan pemenuhan data standar

Baca juga: TP PKK Pulang Pisau diminta berperan aktif turunkan angka stunting