Petani Desa Trinsing panen buah Melon

id panen melon ,warga trinsing,dinas pertanian ,dprd barito utara

Petani Desa Trinsing panen buah Melon

Petani Desa Trinsing panen buah melon di desa setempat, Rabu (20/3/2019) (Foto Dinas Pertanian Barito Utara)

Muara Teweh (ANTARA) - Petani di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, panen buah melon jenis adysta atau melon hijau  dan melon madu (warna kuning) di lahan pertanian desa setempat.

Tanaman melon ini berawal dari uji coba Dinas Pertanian yang dilakukan melalui salah seorang petani yang bernama bapak Gilang. Dari hasil uji coba tersebut ternyata pertanian buah melon ini berhasil dan saat ini buah melon yang ditanam sudah mulai panen, kata Kepala Desa Trinsing, Hery Mansupardi, Sabtu.

“Kami dari desa tentunya sangat mendorong hal ini, sebab ini bisa menjadi produk unggulan bagi Desa Trinsing dan buah melon yang dihasilkan juga mudah untuk dipasarkan,” tambahnya.

Kedepan, kata dia, untuk membantu para petani di wilayah Desa Trinsing, pemerintah desa setempat akan membantu memasarkan produk-produk hasil pertanian masyarakat, melalui BUMDes Desa setempat.

“Kita juga berencana akan menambah luasan pertanian untuk tanaman melon dengan membuka lahan baru di Desa Trinsing, serta juga membuka akses jalan menuju lahan pertanian warga, untuk mempermudah para petani keluar dan masuk lahan pertaniannya," ucapnya.
 
Petani Desa Trinsing panen buah melon di desa setempat, Rabu (20/3/2019) (Foto Dinas Pertanian Barito Utara)

Wakil Ketua I DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini yang meninjau lokasi tanaman melon menyambut baik inovasi dari petani Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan dalam mengolah lahannya untuk pertanian buah melon.

Pertanian buah melon ini termasuk baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Kabupaten Barito Utara di lahan seluas 0,25 hektare.

“Kita sangat mengapresiasi hal ini apa yang dilakukan oleh petani kita di daerah Trinsing, dan kita meminta kepada Dinas Pertanian agar terus melakukan pembinaan terhadap para petani ini,” kata Mery.

Dia berharap, pertanian buah melon ini dapat terus dikembangkang, sebab melalui pertanian ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. Selama ini pasokan buah melon selalu didatangkan dari luar daerah.

“Dengan adanya pertanian buah melon di daerah ini paling tidak bisa mengurangi ketergantungan pasokan buah melon yang didatangkan dari luar daerah,” ujar politisi dari Partai Demokrat ini.