KPU Kotim mulai distribusikan logistik pemilu ke kecamatan terjauh

id KPU Kotim mulai distribusikan logistik pemilu ke kecamatan terjauh,Pemilu ,Siti Fathonah Purnaningsih,Sampit

KPU Kotim mulai distribusikan logistik pemilu ke kecamatan terjauh

Petugas sedang memasukkan surat suara, formulir dan peralatan lain ke dalam kotak suara yang akan didistribusikan ke TPS, Minggu (14/4/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mulai mendistribusikan logistik pemilu serentak 2019 dengan mendahulukan kecamatan-kecamatan terjauh dari pusat Kota Sampit.

"Hari ini logistik pemilu didistribusikan ke dapil (daerah pemilihan 5. Jumlahnya sesuai jumlah TPS dan surat suara di dapil 5. Logistik diangkut menggunakan 16 truk menuju dapil 5," kata Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih di Sampit, Minggu.

Logistik pemilu didistribusikan dari gudang penyimpanan di Tennis Indoor Kompleks Stadion 29 November Sampit. Setiap truk dikawal anggota polisi dan pegawai Sekretariat KPU Kotawaringin Timur.

Daerah pemilihan 5 meliputi Kecamatan Antang Kalang, Telaga Antang, Bukit Santuai, Parenggean, Mentaya Hulu dan Tualan Hulu. Distribusi logistik pemilu ke daerah pemilihan 5 didahulukan karena lokasinya cukup jauh dengan waktu tempuh berkisar tiga hingga lima jam menuju ibu kota kecamatan.

Selain jaraknya yang jauh, kawasan ini juga rawan hambatan karena kondisi jalan terkadang rusak parah saat jalan tanah diguyur hujan deras sehingga kendaraan terancam ambles. Meski begitu, Fathonah mengatakan, berdasarkan laporan dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) menyebutkan kondisi jalan masih lancar.

Distribusi logistik pemilu ke TPS-TPS masih memerlukan kerja keras. Masih banyak desa yang hanya bisa dijangkau melalui jalur sungai dengan riam cukup membahayakan, bahkan ada desa paling ujung yaitu Desa Tumbang Gagu yang membutuhkan waktu tempuh sekitar tujuh jam perjalanan sungai.

"PPK sudah menyiapkan distribusi lewat sungai. Setiap kotak suara disiapkan plastik pembungkus sehingga Insya Allah aman. Mudah-mudahan semua berjalan lancar," harap Fathonah.

Fathonah menegaskan, secara keseluruhan logistik pemilu siap didistribusikan. Senin pagi,  distribusi logistik pemilu dilanjutkan ke daerah pemilihan 3 dan 4, selanjutnya baru daerah pemilihan 2 dan 1.

Daerah pemilihan 4 meliputi Kecamatan Cempaga Hulu, Cempaga, Kotabesi dan Telawang. Daerah pemilihan 3 meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut.

Sementara itu, daerah pemilihan dua meliputi Kecamatan Baamang dan Seranau, sedangkan daerah pemilihan satu adalah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Sesuai aturan, distribusi logistik harus selesai pada 16 April atau satu hari sebelum hari pemungutan suara. KPU optimistis distribusi logistik tiba di TPS tepat waktu dan tidak ada yang rusak.

Fathonah mengajak masyarakat menggunakan hak pilih dengan baik saat pemungutan suara pada Rabu (17/4) nanti. Bagi warga yang tidak menerima formulir C6 atau surat pemberitahuan memilih, tetap bisa menggunakan hak pilih dengan membawa KTP elektronik.

Data KPU, jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap 3 (DPTHP 3) sebanyak 274.316 pemilih. Sedangkan jumlah TPS kini bertambah dari 1.277 menjadi 1.300 TPS. KPU sangat berharap partisipasi pemilih akan meningkat tajam.