Mahasiswa Fisipol UMP diarahkan ke pendampingan UKM

id fisipol,Mahasiswa,Universitas Muhammadiyah Palangka Raya,UMKM

Mahasiswa Fisipol UMP diarahkan ke pendampingan UKM

Ilustrasi - Salah satu pelaku UKM di Kota Palangka Raya (ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Kami punya pengalaman mengesankan dan positif saat berinteraksi dengan ratusan mahasiswa Fisipol UMP pada kegiatan perkuliahan lapangan semester lalu

Palangka Raya (ANTARA) - Pola perkuliahan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang menyeimbangkan antara kegiatan kelas dan terjun dalam kehidupan masyarakat, mulai semester ganjil 2019 diarahkan pada pendampingan usaha kecil menengah di Palangka Raya.

Kepala Lembaga Pengembangan Kerja Sama Fisipol UMP Novianto Eko Wibowo di Palangka Raya, Sabtu, mengatakan penerapan kuliah lapangan mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara dan Prodi Ilmu Komunikasi Fisipol UMP pada dua semester berjalan, hasilnya signifikan.

Signifikansi yang didapat dari penerapan kuliah lapangan, yaitu dari pengayaan perspektif atau sudut pandang mahasiswa terhadap realitas masyarakat yang kompleks dalam domain keilmuan sosial dan politik.

“Kebijakan Dekan Fisipol UMP untuk menyeimbangkan porsi kuliah di kelas dan kuliah lapangan atau di luar kelas sudah terlihat dari munculnya kemampuan menganalisis di kalangan mahasiswa,” ucap Novianto yang juga dosen Fisipol UMP yang sedang studi lanjut di Program Doktoral Sospol Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Pelibatan mahasiswa dalam akivitas UKM di masyarakat, kata dia, untuk memberikan ruang yang cukup dalam observasi. Mereka bisa terlibat langsung dan memahami tentang dinamika masyarakat dalam bertahan di tengah persaingan usaha.

Dia mengharapkan dengan keberadaan mahasiswa dalam interaksi dengan masyarakat UKM terjadi transfer empirikal, antara lain tentang kegigihan masyarakat dalam berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, dan bisa menginspirasi kalangan mahasiswa yang hidup dalam era milenial itu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palangka Raya Effendi menyambut baik program lanjutan kuliah lapangan mahasiswa Fisipol UMP yang akan diarahkan untuk ikut pendampingan masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalteng itu.

“Kami punya pengalaman mengesankan dan positif saat berinteraksi dengan ratusan mahasiswa Fisipol UMP pada kegiatan perkuliahan lapangan semester lalu. Para mahasiswa itu sangat potensial sebagai kader UMKM di daerah ini," ucap Effendi yang juga mantan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya tersebut.

Untuk itu, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palangka Raya siap berkolaborasi dengan para mahasiswa Fisipol UMP yang menjalani kegiatan akademik berupa kuliah lapangan.