Polisi geledah dan temukan ribuan butir petasan dari berbagai jenis

id petasan,ribuan butir petasan ,Polisi geledah dan temukan ribuan butir petasan dari berbagai jenis

Polisi geledah dan temukan ribuan butir petasan dari berbagai jenis

Polsek Cibadak dan Polres Sukabumi yang dibantu Satpol PP setempat menyita ribuan butir petasan di kios di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jabar. (Foto Aditya Rohman/Antaranews)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polsek Cibadak dan Polres Sukabumi menggeledah sejumlah gudang di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang dijadikan tempat penyimpanan berbagai jenis dan ukuran petasan.

"Razia ini merupakan Operasi Cipta Kondisi selama Ramadhan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang sedang melaksanakan ibadah di bulan suci ini," kata Kapolsek Cibadak Kompol Suhardiman di Sukabumi, Selasa.

Menurutnya, dari hasil razia yang dilakukan pihaknya ribuan butir petasan seperti jenis rantai, korek dan lain-lain mulai dari ukuran kecil hingga besar disita pihaknya.

Selain itu, polisi yang dibantu petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sukabumi juga menggeledah warung atau kios yang disinyalir menjual petasan.

Razia yang dilakukannya tersebut karena petasan ini bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain, bahkan bisa memicu terjadinya tawuran antarpemuda maupun warga yang disebabkan bermain petasan tersebut.

Langkah seperti ini akan dilakukan pihaknya hingga Idul Fitri atau lebaran mendatang maka dari itu pihaknya mengimbau kepada pedagang agar tidak menjual petasan, tetapi untuk jenis kembang api masih diizinkan.

Tidak hanya petasan, petugas gabungan juga melakukan razia terhadap warung atau rumah makan yang buka pada siang hari. Untuk sementara pihaknya masih memberikan imbauan kepada pengusaha atau pemilik agar menghormati aturan selama Ramadhan ini dan diperbolehkan membuka usahanya pada jam yang sudah ditentukan.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga maupun organisasi kemasyarakatan (ormas) agar tidak main hakim sendiri jika ada warung makan yang buka siang hari, tetapi melaporkan kepada kepolisian untuk dilakukan tindakan.

"Selama Ramadhan ini mari kita jaga kesuciannya dan saling menghormati untuk menjaga kondusifitas daerahnya masing-masing. Agar selama bulan suci ini warga yang melaksanakan ibadah sahum nyaman dan aman," tambahnya.