Pemkab Barito Timur siapkan lahan untuk pembangunan taman kota

id Pemkab Barito Timur siapkan lahan untuk pembangunan taman kota,Barito Timur,Bartim,Bupati,Ampera AY Mebas,Taman Kota

Pemkab Barito Timur siapkan lahan untuk pembangunan taman kota

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas (tengah), Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph dan Wakil Ketua I DPRD Bartim Ariantho S Muler berfoto bersama pendeta sesaat sebelum peringatan paskah di Tamiang Layang, Selasa (7/5/2019) malam. (Foto Istimewa)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten 
Bupati Barito Timur Kalimantan Tengah akan membebaskan lahan seluas lima hektare yang rencananya disiapkan untuk pembangunan taman kota.

"Lahan tersebut dipersiapkan untuk mewujudkan pembangunan taman kota yang selama ini didambakan masyarakat," kata Bupati Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, lokasi lahan tersebut yakni di wilayah Baruh Pinang Kelurahan Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur. Dipilihnya lokasi tersebut karena dinilai cocok dan strategis dengan jarak yang tidak jauh dari ibu kota kabupaten.

Selain lahan yang dibebaskan, pemerintah daerah telah menyiapkan desain pembangunan taman kota. Tempat itu nantinya juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan sesuai agenda daerah.

Festival Nansarunai Jajaka adalah salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan tiap tahunnya di taman kota. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di karena memerlukan lokasi pagelaran yang terbuka. 

Dalam desainnya, juga membuat lahan parkir yang luas. Selain itu, pemerintah daerah akan menyediakan kawasan atau zona kuliner yang diperuntukkan sebagai penopang ekonomi usaha kecil dan menengah.

Warga juga bisa melakukan kegiatan olahraga seperti lari ataupun jalan santai pada jalur jalan yang disediakan. Selain itu, lokasi yang dilengkapi lampu hias itu juga bisa dijadikan tempat untuk bersantai.

"Setelah pembebasan lahan, pada tahun berikutnya yakni 2020 akan dianggarkan pembuatan tamannya," tambah Ampera.
Dengan desain yang memiliki aneka fasilitas, taman kota nanti akan menyedot anggaran daerah yang cukup besar. Pembangunannya akan dilaksanakan secara bertahap sesuai kondisi keuangan daerah.

"Dibangunnya secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah tiap tahunnya," katanya.

Ampera juga berharap masyarakat mendukung pelaksanaan pembangunan taman kota. Dukungan bisa dilakukan dengan membayar pajak daerah tanpa menunggak karena hasil pajak akan digunakan oleh daerah untuk membiayai pembangunan.