Lewat kompetisi, Blibli perkuat kapasitas pebisnis ekonomi kreatif

id Blibli,pebisnis ekonomi kreatif ,Blibli perkuat kapasitas pebisnis ekonomi kreatif lewat kompetisi

Lewat kompetisi, Blibli perkuat kapasitas pebisnis ekonomi kreatif

Peresmian kompetisi yang digelar Blibli.com The Big Start Season 4 di Jakarta, Rabu. (ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta)

Jakarta (ANTARA) - Pasar daring Blibli.com berkomitmen memperkuat kapasitas pelaku usaha kreatif dengan kembali menyelenggarakan kompetisi untuk mencari pebisnis kreatif bernama ‘The Big Start Season 4’ yang dimulai hari ini (19/6).

“Besarnya kontribusi usaha kreatif bagi PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia menunjukkan bahwa wirausahawan muda mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional,” kata Deputy Chief Marketing Officer Blibli Andy Adrian di Jakarta, Rabu.

Kompetisi TBS, lanjut Andy, merupakan wujud komitmen jangka panjang Blibli.com dalam mendukung program pemerintah untuk mengembangkan usaha-usaha kreatif yang secara teknis merupakan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Sektor ini penting dalam mendukung pertumbuhan pertumbuhan ekonomi negara. Berdasarkan pada survei Kementerian Perindustrian, sektor UMKM telah menyumbang sekitar 60,3 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional,” ujar Andy.

Kompetisi The Big Start Season 4 menawarkan total hadiah Rp1,3 miliar yang membuka kesempatan bagi para pebisnis kreatif muda untuk mengasah kemampuan bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selain itu, pemenang juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pameran di luar negeri dan berkolaborasi dengan brand lokal untuk proyek tertentu.

Adapun syarat untuk mengikuti ajang ini antara lain, berusia 18-35 tahun; memiliki usaha dengan kategori fesyen, kecantikan dan kesehatan, kuliner, dan kriya; serta telah menjalankan bisnis dengan produksi lokal minimal dua tahun.

Dalam hal ini, Kementerian Perindustrian selaku pembina Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia, mendukung kompetisi yang ditargetkan diikuti 6.000 peserta ini.

“Kami berharap e-commerce akan menjadi gerbang bagi pelaku IKM untuk melakukan transformasi digital dengan menggunakan alat promosi digital, sistem informasi digital, pembayaran digital, serta manajemen relasi dengan pelanggan secara digital pula,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin Edy Siswanto.

Edy menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Blibli.com yang bahu membahu bersama Ditjen IKMA untuk mendorong perkembangan usaha rekan-rekan pelaku Industri Kecil dan Menengah di Indonesia.

Selain itu, Kemenperin berharap akan semakin banyak hal-hal yang dapat dikolaborasikan antara Ditjen IKMA dengan Blibli.com untuk semakin mendorong pertumbuhan dan perkembangan usaha para pelaku IKM Indonesia.

“Kolaborasi kita merupakan kekuatan bersama untuk memperkuat daya saing industri menuju era revolusi industri ke-4 demi masa depan Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.
 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar