Total biaya perbaikan rumah Pangeran Harry capai puluhan miliar

id Pangeran Harry ,rumah baru Pangeran Harry dan istrinya Meghan,Total biaya perbaikan rumah Pangeran Harry capai puluhan miliar

Total biaya perbaikan rumah Pangeran Harry capai puluhan miliar

Pangeran Harry dan Meghan Markle memperkenalkan anak laki-laki pertama mereka di Istana Windsor, Berkshire, Rabu (8/5/2019). ANTARA FOTO/Dominic Lipinski/Pool via REUTERS/pras.

Jakarta (ANTARA) - Biaya perbaikan rumah baru Pangeran Harry dan istrinya Meghan menelan dana 2,4 juta pounsterling menelan biaya sekitar 2,4 poundsterling (sekitar 43 miliar rupiah), kata Istana Buckingham pada Selasa.

Dananya, yang bersumber dari dana pajak tahunan bagi keluarga kerajaan, dipergunakan untuk membayar perombakan Frogmore Cottage menjadi bangunan rumah tunggal, sedangkan pasangan bangsawan Sussex Harry dan Meghan membayar perlengkapan dan perabot rumahnya.

"Bangunan tersebut sudah lama tidak diperbaiki dan sudah memperlihatkan tanda-tanda perlu diperbaiki dan sejalan dengan keperluan perawatan untuk istana-istana yang ditinggali oleh keluarga kerajaan," kata Keeper of the Privy Purse (penanggung jawab pengelolaan rumah tangga kerajaan), Michael Stevens.

"Infrastruktur yang sudah tua diganti untuk menjamin pemakaian jangka panjang ke depan," katanya saat bagian kerumahtanggaan menerbitkan laporan tahunan "Sovereign Grant", yang berisi perincian pendapatan dan pengeluaran Ratu Elizabeth serta kerumahtanggaannya.

Frogmore Cottage merupakan bangunan abad 19 di kawasan Kastil Windsor milik ratu. Frogmore kini menjadi kediaman resmi Pangeran Harry dan Meghan. Pasangan itu pindah sesaat sebelum kelahiran putra pertama mereka, Archie, pada Mei.

Bangunan tersebut sebelumnya diubah menjadi lima tempat tinggal terpisah dan kantor-kantor. Frogmore Cottage sudah direncanakan untuk direnovasi sebelum disetujui untuk menjadi kediaman Pangeran Harry dan Meghan.

Perbaikan selama enam bulan meliputi pula jaringan listrik, pergantian atap dan balok-balok lantai, sistem pemanas baru dan memperkenalkan pula gas yang baru dan sistem perairan.

Satu sumber di istana, yang tidak bersedia disebut namanya, mengatakan hibah pembayaran pajak mencakup biaya dasar untuk dapur, kamar mandi, lantai dan beberapa aspek lain yang sesuai dengan kebutuhan pasangan kerajaan, yang juga membayar berbagai biaya, antara lain untuk perabot dan tirai.

Surat kabar Inggris melaporkan bahwa di antara perubahan-perubahan tersebut, gedung itu kini memiliki kamar untuk yoga dan lantai apung.

Ratu sangat terlibat dalam mengambil keputusan yang mengizinkan pasangan tersebut untuk mendiami Frogmore Cottage dan selalu mendapat informasi perkembangan proyek, kata sumber.

Harry dan Meghan pernah tinggal di sebuah kediaman di kompleks Istana Kensington, London, yang merupakan rumah kakak laki-lakinya, Pangeran William dan istrinya, Kate.

Namun sejak Harry dan Meghan menikah Mei tahun lalu, mereka menapaki jalan masing-masing, memisahkan kerumahtanggaannya dari William dan Kate serta memindahkan kantor staf mereka ke Istana Buckingham. Pekan lalu, muncul pengumuman bahwa mereka juga memisahkan keterlibatan dari yayasan amal, yang sebelumnya mereka berempat tangani bersama.  

Sumber: Reuters