Wakapolda Kalteng : Jangan membandingkan Polri dengan instansi lain

id Polda kalteng, wakapolda rikwanto, polri, kepolisian, palangka raya, kalimantan tengah, aparat penegak hukum, komisi pemberantasan korupsi, kpk, tenta

Wakapolda Kalteng : Jangan membandingkan Polri dengan instansi lain

Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Rikwanto (kiri). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo).

Palangka Raya (ANTARA) - Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Rikwanto meminta kepada masyarakat, agar tidak membandingkan Polri dengan instansi lainnya, sebab setiap instansi memiliki karakteristik fungsi dan tanggung jawab yang berbeda.

"Kami ingin lebih dicintai masyarakat karena selama ini tugas dan tanggung jawab kepolisian adalah menjaga keamanan lingkungan, bahkan stabilitas keamanan negara," katanya di Palangka Raya, Rabu. 

Selama ini kepolisian selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam melayani masyarakat, meski demikian sampai sekarang masih banyak orang yang juga tidak menyukai profesi polisi. Alasannya, karena kepolisian adalah penegak hukum dimana hal itu bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Kebanyakan orang yang tidak menyukai pihaknya, adalah mereka yang telah melanggar hukum dan ditindak. Namun banyak juga yang cinta dengan kepolisian karena merasa dijaga dan aman lingkungannya.

Ia meminta masyarakat jangan membandingkan Polri dengan TNI, bahkan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Sebab lembaga-lembaga itu memiliki tugas dan tanggung jawab berbeda, meski sama-sama memiliki fungsi sebagai penegak hukum.

"Kalau polisi dari menangkap maling, menindak pelanggar lalu lintas sampai dengan mengamankan pelaku kejahatan kelas berat. Kalau KPK hanya terpusat pada penindakan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) dan TNI bertugas mengamankan situasi negara," ungkapnya.

Jendral berpangkat bintang satu itu menambahkan, dengan apa yang sudah dijelaskannya itu, semoga masyarakat yang ada di provinsi berjuluk 'Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila' tersebut dapat memahami tugas dan fungsi kepolisian selama ini. 

Hal itu dilakukan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang tinggal di wilayah hukum Polda Kalteng selama ini. Penindakan tentunya tidak sembarangan, melainkan sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Seiring berjalannya waktu, masyarakat akan paham dengan sendirinya tentang apa yang saya maksud. Saya juga meminta masyarakat untuk bekerja sama dengan kepolisian dalam menjaga stabilitas keamanan daerah," jelas mantan Karo Multimedia Divhumas Markas Besar (Mabes) Polri.