Pemprov harapkan Hipmi bawa pengusaha Kalteng ke level nasional

id Pemprov kalteng, pemerintah provinsi kalimantan tengah, gubernur sugianto sabran, palangka raya, mardani h maming, bupati tanah bumbu, hipmi, himpunan

Pemprov harapkan Hipmi bawa pengusaha Kalteng ke level nasional

Plh Sekda Kalteng Sapto Nugroho (dua dari kiri) dalam kegiatan Hasupa Hasundau bersama Mardani H Maming, salah satu calon ketua umum badan pengurus pusat Hipmi, Palangka Raya, Selasa, (9/7/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengharapkan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), mampu membuat pengusaha lokal terus berkembang dan naik ke level nasional yang disertai dengan wawasan kebangsaan maupun kepedulian terhadap tuntutan nurani rakyat.

"Terlebih Hipmi akan menggelar pemilihan ketua yang baru. Kami harap ketua yang baru nantinya, mampu membuat pengusaha di Kalteng menjadi lebih tangguh," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kalteng Sapto Nugroho di Palangka Raya, Selasa.

Hal itu disampaikan pada Hasupa Hasundau bersama Mardani H Maming, salah satu calon ketua umum badan pengurus pusat Hipmi. Mardani merupakan ketua umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan pernah menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sejumlah hal yang harus diperhatikan Hipmi kedepannya, yaitu ketidakstabilan dunia usaha merupakan tantangan bagi pelaku ekonomi, untuk cepat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Kemudian guna mendukung pelaksanaan otonomi daerah khususnya dalam rangka mendekatkan pelayanan publik, diperlukan peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan termasuk Hipmi, agar kemandirian daerah secara bertahap bisa terwujud.

"Kami juga berharap agar Hipmi kedepannya, bisa turut menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh, sehingga pengusaha muda di daerah bisa diandalkan serta bersinergi dengan pemerintah untuk membangun perekonomian," jelasnya.

Sementara itu Mardani H Maming menjelaskan, dirinya ingin memperjuangkan nasib para pengusaha di setiap daerah, agar mampu menjadi yang terdepan di daerahnya masing-masing. Hal ini bisa diwujudkan dengan adanya jalinan kerja sama yang baik bersama pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah diharapkan membantu pengusaha lokal untuk merealisasikannya. Misalnya saat pengusaha luar negeri datang dan bekerja, hendaknya tidak semua pekerjaan diserahkan kepada mereka," tegasnya.

Apabila hal tersebut bisa diterapkan, tentu akan membuat pengusaha lokal terus berkembang dan naik level. Selain menjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah, mereka juga akan memiliki hubungan kerja yang bagus dengan pengusaha level internasional.