Pasca-pemilihan anggota BPD, masyarakat harus kembali jalin persatuan dan kesatuan

id dprd gumas,anggota BPD,Pasca-pemilihan anggota BPD, masyarakat harus kembali jalin persatuan dan kesatuan

Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Riantoe. (Foto Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Riantoe meminta masyarakat di Kecamatan Rungan agar kembali menjalin persatuan dan kesatuan, pasca-pemilihan anggota badan permusyawaratan desa (BPD).

“12 desa di Kecamatan Rungan baru saja melaksanakan pemilihan anggota BPD. Saya harap persatuan dan kesatuan masyarakat kembali terjalin usai pelaksanaan pemilihan tersebut,” ucap Riantoe saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

Dari pengamatannya, politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini mengakui pemilihan anggota BPD di 12 desa di wilayah Kecamatan Rungan terbilang ketat, walau pemilihan dilaksanakan di tingkat desa.

Dia menyebut, para calon yang mendaftar sebagai anggota BPD bersaing untuk meraih kepercayaan dan dukungan warga, sementara yang dicari untuk mengisi keanggotaan BPD hanya lima orang.

Baca juga: Pemuda Gumas diminta jangan sia-siakan pelatihan BBPLK di Bekasi

“Bahkan di satu desa ada yang mendaftar hingga 16 calon, sementara yang dicari hanya lima. Jadi bisa dibayangkan bagaimana ketatnya persaingan para calon untuk meraih dukungan dan kepercayaan masyarakat,” bebernya.

Mengingat pemilihan sudah selesai, legislator yang berasal dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya ini untuk kembali bersatu dan mendukung mereka yang terpilih.

Kepada mereka yang tidak terpilih, lanjut dia, diharapkan tidak berkecil hati dan tetap mendukung pemerintahan desa, serta turut berperan dan ambil bagian dalam upaya pembangunan di desa masing-masing.

Terpisah, Camat Rungan Osner Sagala menerangkan bahwa dari 13 desa yang ada di Kecamatan Rungan, 12 desa baru saja melaksanakan pemilihan anggota BPD, tepatnya pada tanggal 27 Juni 2019 lalu.

Baca juga: DPRD Gumas dorong pemuda gemar membaca

“Ke 12 desa yang telah melaksanakan pemilihan anggota BPD adalah adalah Bereng Malaka, Parempei, Bereng Baru, Talangkah, Luwuk Langkuas, Karya Bhakti, Tumbang Bunut, Luwuk Kantor, Tumbang Jutuh, Linau, Tumbang Baringei, dan Tumbang Malahoi,” paparnya.

Dia menyebut, satu desa di Kecamatan Rungan yang belum melaksanakan pemilihan anggota BPD adalah Tumbang Kajuei, karena masa jabatan anggota BPD yang sekarang menjabat masih belum berakhir.

“Kegiatan pemilihan keanggotaan BPD di 12 desa tadi secara umum berjalan dengan tertib, aman dan kondusif. Nama-nama pemenang akan diajukan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk ditetapkan dengan SK Bupati Gunung Mas,” demikian Osner.

Baca juga: Poktan ternak sapi harus lebih perhatikan kebersihan kandang
Baca juga: Terdapat ribuan DPK di 267 TPS pada Pemilu 2019 Gumas

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar