Warga Barito Utara panen ikan patin di Sungai Barito yang surut

id panen ikan di sungai barito,warga menangkap ikan menggunakan rengge di sungai barito,ikan di sungai barito wilayah barito utara, sungai barito surut

Warga Barito Utara panen ikan patin di Sungai Barito  yang surut

Warga mencari ikan di Sungai Barito yang wilayah Teluk Siwak Kecamatan Montallat. (Jurnalisme warga)

Muara Teweh (ANTARA) - Daerah aliran  Sungai Barito di wilayah pedalaman Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, yang surut sudah sepekan lebih membuat warga sekitar panen ikan patin.

"Dalam sehari warga bisa menangkap puluhan ekor ikan patin di sungai dengan berat di atas 1 kilogram," kata warga Kelurahan Tumpung Laung  Kecamatan Montallat, Sholihin, Sabtu.

Menurut dia, ikan patin yang merupakan salah satu ikan khas pedalaman Sungai Barito dengan rasa gurih ini mudah ditangkap penduduk setempat, ada yang menggunakan pancing, namun sebagian besar ditangkap dengan "rengge" (jaring ikan tradisional dari nylon).

Panen ikan di kawasan Teluk Siwak atau pantai Batu Akik Kecamatan Montallat ini dinilai unik, karena menangkapnya dilakukan secara bergiliran sejak sore hari sampai besok pagi.Di sekitar lokasi pencarian ikan ada warga yang memasang tenda dan memasak nasi karena kalau mendapat giliran bisa sampai malam dan pagi hari.

Penangkapan ikan ini dilakuan secara perorangan sekitar 30-an warga yakni setiap warga diberi kesempatan menangkap ikan menggunakan rengge di tengah Sungai Barito beberapa jam dalam sehari semalam hanya bisa dua kali mendapat giliran mencari ikan dengan cara ramah lingkungan dan tradisional, karena dilarang menggunakan bahan dan alat yang berbahaya seperti bahan kimia, maupun tumbuhan serta strum dan ainnya.
 
Warga antri menunggu giliran mencari ikan di Sungai Barito yang wilayah Teluk Siwak Kecamatan Montallat. (Jurnalisme warga)

"Di daerah ini warga masih kompak dengan menerapkan pencarian ikan secara bergiliran menggunakan perahu bermotor (klotok), terutama saat Sungai Barito surut seperti sekarang yang ikan mudah didapat warga.Bahkan seorang  bisa mendapat ikan patin dan ikan lainnya seperti  lais, baung, dan jelawat antara 10 sampai 50 Kg," katanya.

Ikan patin yang hidup di sungai memiliki rasa yang berbeda, lebih enak dibanding ikan patin yang dibudidaya masyarakat baik melalui keramba maupun kolam.

"Ikan patin jenis kapas mudah dicari ketika sungai surut dan harga di pasaran juga murah dibanding biasanya berkisar Rp70.000 - Rp80 ribu/kg, sedangkan harga di Muara Teweh bisa mencapai Rp100 ribu lebih," kata dia.

Salah satu ikan termahal ini memiliki populasi hanya di temukan di sungai besar bukan di anak sungai. Pada saat kemarau ikan ini mulai bermunculan sehingga masyarakat setempat mudah mendapatkannya.

Dia mengakui, memang saat panen ikan patin dan lainnya masih belum 'booming', karena sungai surut belum belum lama.Kalau saat kemarau panjang nanti harga ikan patin hanya seharga Rp25 ribu/kg di tempat pencarian ikan.

"Biasanya pembeli datang langsung ke lokasi menggunakan klotok, kemudian di jual kesejumlah tempat termasuk di Muara Teweh," ucap Sholihin yang sering mencari ikan dengan memancing ini.

Panen ikan ini juga diperkirakan hampir merata di sejumlah kawasan terutama di pinggiran daerah aliran sungai (DAS) Barito seperti di wilayah Kecamatan Lahei, Teweh Tengah, dan Montallat.