Pemkab Barsel pastikan kualitas Rastra layak konsumsi

id Pemkab barsel, pemerintah kabupaten, barito selatan, buntok, bulog, beras, bansos, rastra, sejahtera, keluarga penerima manfaat, kpm

Pemkab Barsel pastikan kualitas Rastra layak konsumsi

Pengecekan kualitas Bansos Rastra yang akan disalurkan. (Foto Istimewa)

Buntok (ANTARA) - Kualitas Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) yang akan disalurkan di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dinyatakan bagus dan layak dikonsumsi. 

“Berdasarkan hasil pengecekan yang kami lakukan, kualitas beras medium yang akan disalurkan bagus dan layak untuk dikonsumsi,” kata Kabag Perekonomian Setda Barsel Mirwansyah di Buntok, Minggu.

Ia mengatakan, pengecekan beras ini dilakukan pihaknya sebelum bansos tersebut disalurkan, sehingga tidak ada permasalahan dilapangan di kemudian hari. 

Namun apabila nantinya ada keluhan terhadap kualitas Rastra yang diterima, tentu diperbolehkan untuk disampaikan. Siapa tahu pada saat pengangkutan di pelabuhan berasnya terjatuh ke air, sehingga basah dan akhirnya tidak layak.

"Bila kejadiannya seperti itu, masyarakat penerima Rastra tentu boleh mengeluh atau komplain asalkan tidak lebih dari 2x24 jam,” ucap dia. 

Ia mengungkapkan, ada sebanyak 3.121 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Barsel yang berhak menerima Bansos Rastra. Dengan rincian, untuk jumlah keluarga prasejahtera yang menerima bantuan di Kecamatan Karau Kuala sebanyak 589 KPM dan Kecamatan Jenamas sebanyak 158 KPM. 

Sedangkan penerima untuk Dusun Hilir sebanyak 596 KPM, Gunung Bintang Awai sebanyak 502 KPM serta Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 758 KPM. Penyalurannya, dilakukan setiap empat bulan sekali dan masing-masing KPM berhak mendapatkan 10 kilogram Rastra perbulannya. 

“Bansos Rastra yang diterima setiap KPM itu, tidak dipungut biaya tebus alias gratis,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Logistik Bulog Buntok Aditya Dwi Hanggara mengatakan, Bansos Rastra akan mulai disalurkan dalam minggu ini ke seluruh kecamatan yang ada di Barsel.

"Bansos Rastra yang akan kami sebar serta salurkan kepada 3.121 KPM itu, yakni sebanyak 128 ton," terangnya.

Pihaknya pun berharap, melalui penyaluran Bansos Rastra tersebut, para KPM yang ada di Barsel dapat terbantu. Selain itu, penyalurannya juga diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan tidak ada menemui kendala di lapangan.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar