Benahi infrastruktur menuju Pelabuhan Bahaur, kata Legislator Kalteng

id dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,monte carlo,pelabuhan bahaur,pelabuhan batanjung

Benahi infrastruktur menuju Pelabuhan Bahaur, kata Legislator Kalteng

Ilustrasi - Kapal dari Pelabuhan Paciran di Lamongan Jawa Timur ke Pelabuhan Bahaur Kalimantan Tengah. (Antara Jatim/Didik Suhartono/mas/17)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Monte Carlo meminta pemerintah, baik pusat maupun provinsi agar segera membenahi infrastruktur jalan menuju Pelabuhan Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau agar pemanfaatannya semakin optimal dan berkontribusi terhadap daerah ini.

Infratruktur jalan menuju Pelabuhan Batanjung yang berada di Kabupaten Kapuas juga kurang mendukung dan perlu segera dilakukan perbaikan, kata Monte di Palangka Raya, kemarin.

"Kalau infrastruktur menuju dua pelabuhan itu diperbaiki, kami yakin pemanfaatannya akan semakin maksimal dibandingkan yang sekarang ini," tambahnya.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas ini, keberadaan dua pelabuhan itu memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat.

Dia mengatakan kedua pelabuhan tersebut letaknya sangat strategis, hanya kondisi infrastrukturnya sampai sekarang ini kurang mendukung. Alhasil, berbagai pihak kurang tertarik menggunakan pelabuhan tersebut.

Baca juga: DPRD dan Pemprov Kalteng tandatangani rancangan APBD-P 2019

"Kalau jalan sudah baik dan lancar, maka pasti masyarakat akan memilih dua pelabuhan ini ke luar pulau, utamanya jalur barang dan jasa, karena lebih dekat, dibanding harus ke pelabuhan Trisakti Banjarmasin," kata Monte.

Anggota Komisi D membidangi pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan DPRD Kalteng itu menyatakan bahwa hampir semua daerah yang pelabuhannya dikelola secara optimal, pasti memberikan kotribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Jadi, sekali lagi, kami mendesak agar dua pelabuhan tersebut menjadi prioritas pemerintah daerah dalam rangka menyediakan sarana dan prasarana pendukung kegiatan pelabuhan," demikian Monte.

Untuk diketahui, jalan lintas Palangka Raya menuju Pelabuhan Bahaur sepanjang 80 kilometer terus dilakukan upaya perbaikan dan peningkatan sebab jalan itu menjadi salah satu akses utama transportasi orang dan barang di wilayah Kalteng.

Sementara itu akses sepanjang 40 kilometer jalan ke lokasi Pelabuhan Bahaur yang terkoneksi dengan Sembilan kabupaten juga terus digenjot pembangunnya.

Baca juga: Optimalkan keberadaan generasi milenial, kata Sekwan Kalteng

Baca juga: Penanganan karhutla sudah optimal, kata Wakil Ketua DPRD Kalteng