Warga Ampah dihebohkan penampakan 'Hantu Suluh' saat hendak padamkan karhutla

id Bartim,Warga Ampah,Hantu Suluh ,Warga Ampah dihebohkan penampakan 'Hantu Suluh' saat hendak padamkan karhutla

Penampakan yang diduga Hantu Suluh di Sungku Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah, Selasa (3/9/2019) malam sekitar pukul 22.00 WIB. (Antara/HO/Jurnalis Warga)

Tamiang Layang (ANTARA) - Sejumlah warga Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito timur Kalimantan Tengah dihebohkan dengan adanya penampakan mahluk supranatural 'Hantu Suluh' (obor) saat ingin memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah setempat.

Warga Ampah Rustam di Tamiang Layang, Kamis, mengatakan, bahwa pihaknya sempat merekam video kejadian tersebut melalui  kamera handphonenya dengan durasi beberapa detik saja.

"Sekitar pukul 22.00 WIB malam, saya bersama empat orang rekan saya berupaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan di sekitar suku wilayah Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah. Ketika tidak bisa ditembus, maka kami sepakat untuk pulang dan seketika itu kemunculan Hantu Suluh yang ada di dekat sepeda motor, membuat kami terdiam beberapa saat," kata Rustam.

Setelah Hantu Suluh itu menghilang, Rustam bersama temannya mendekati motor. Hantu Suluh itu pun kembali muncul menampakkan diri dengan jarak sekitar 20 meter.

Rustam langsung mengambil kunci dari saku kantong celananya. Namun seketika langsung memegang handphone dan merekam kejadian tersebut, sementara beberapa temannya menyenteri area yang terbilang gelap.

Hantu Suluh ini bisa disebut Banaspati yakni hantu atau roh jahat dengan ilmu hitam tingkat tinggi yang memiliki wujud seperti api dan berelemen utama api. Sosoknya bisa mengambil bentuk bola api atau pusaran api. Hantu ini biasanya terbang rendah dari satu tempat ke tempat lain dengan mengambil rupa layaknya.

Warga Ampah juga meyakini jika ada kemunculan sosok astral tersebut, maka akan ada musibah seperti kebakaran.

"Pernah muncul di pemukiman. Beberapa hari kemudian ada musibah kebakaran. Jika kemunculannya di hutan, bisa terjadi kebakaran di areal hutan tersebut," kata pria yang memiliki hobi naik motor trail itu.

Menurut Rustam, akan sulit memadamkan kebakaran hutan dan lahan jika ada Hantu Suluh di lokasi tersebut. Sebab, api akan muncul kembali pada titik tertentu setelah dipadamkan.

Rustam bersama temannya berencana kembali ke lokasi hutan di wilayah Sungku Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah untuk merekam kembali.

"Serta memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak baik disana seperti kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar