Wabup harapkan karhutla berkurang dengan dukungan masyarakat

id karhutla barito utara,posko siaga karhutla barut,wabup sugianto,polres barito utara

Wabup harapkan karhutla berkurang dengan dukungan masyarakat

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra (kedua kiri) bersama pejabat lainnya meninjau Posko Siaga Karhutla setempat di Muara Teweh, Sabtu (21/9/2019).ANTARA/HO-Dinas Kominfo dan Persandian Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, diharapkan dapat berkurang mengingat tim pengamanan bersiaga 24 jam dan adanya peranan aktif dari masyarakat di daerah ini.

"Semoga kebakaran hutan yang mengakibatkan kabut asap dapat kita minimalisirkan, mengingat tim pengamanan bersiaga 24 jam di posko dan kami harapkan peran serta aktif dari masyarakat yang membantu, baik dengan melaporkan maupun dengan tidak membakar lahan dalam membuka lahan pertanian," kata Wakil Bupati Barito Utara (Barut) Sugianto Panala Putra disela-sela mengunjungi Posko Siaga Karhutla di Muara Teweh, Sabtu.

Dia mengaku optimis bahwa kabut asap akibat kebakaran hutan di beberapa titik spot bisa dikurangi dengan dukungan dari petugas dan peran serta masyarakat. 

Selain itu, kata dia, Kepada petugas untuk tetap menjaga stamina dan kebugaran. 

"Hal ini, mengingat kondisi dan cuaca sering berubah-ubah. Mohon kepada para petugas untuk dapat menjaga kesehatan," kata Sugianto.

Posko Pengamanan Siaga Karhuta Barito Utara ini beranggotakan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas perhubungan, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, dan dinas intansi terkait lainya bekerjasama dengan TNI/Polri.

Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar menyatakan bahwa dalam satu pos akan disiagakan personil gabungan dari TNI/Polri dan instansi terkait lainya. 

"Kami akan menyiagakan petugas disetiap posko sampai titik spot benar-benar berkurang," jelas Kapolres.