Bupati Murung Raya mendaftar ke PDIP jadi bacagub Kalteng

id Pilkada Kalteng,Kalteng,nama cagub Kalteng dari PDIP,Perdie M Yoseph,pilkada kalteng,pilkada kalteng tahun 2020

Bupati Murung Raya mendaftar ke PDIP jadi bacagub Kalteng

Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph (kanan) menyerahkan formulir pendaftaran bacagub kepada Ketua DPD PDIP Kalteng Arthon S Dohong di Palangka Raya, Sabtu (28/9/2019)

Palangka Raya (ANTARA) - Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph mendaftar ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kalimantan Tengah, agar diusung menjadi bakal calon gubernur di pemilihan Kepala Daerah Kalteng tahun 2020.

Kedatangan Perdie untuk mendaftar sebagai bacagub itu diterima langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalteng Arthon S Dohong di Palangka Raya, Sabtu.

"Saya sebagai kader sekaligus Ketua DPC PDIP Kabupaten Murung Raya, apabila dipercaya dan ditugaskan partai untuk maju di Pilkada Kalteng, saya siap," kata Perdie.

Meski telah mendaftar, dirinya tetap tidak mau beranda-andai pasti diusung PDIP di Pilkada Kalteng tahun 2020. Sebab, proses dan mekanisme penentuan yang diusung PDIP masih sangat panjang.

Baca juga: Koyem siap dipasangkan dengan kader PDIP Kalteng

Baca juga: Asdi Narang mendaftar ke PDIP dan Gerindra jadi bacagub Kalteng

Baca juga: Mantan Kadis Kehutanan Kalteng mendaftar ke PDIP jadi wacagub


Dia mengatakan PDIP merupakan partai terbuka dan selalu mempertimbangkan berbagai hal, baik itu kapasitas, kapabilitas dan elektabilitas masing-masing orang yang akan diusung.

"Jadi, terlalu dini untuk memastikan siapa yang nantinya diusung PDIP di Pilkada Kalteng tahun 2020. Prosesnya masih sangat panjang, kita tunggu saja," ucap Perdie.

PDIP merupakan satu-satunya partai politik yang jumlah kursi di DPRD Kalteng memenuhi persyaratan, untuk mengusung sendiri pasangan calon gubernur/wakil gubernur dalam Pilkada Kalteng tahun 2020.

Baca juga: Klaim ingin perubahan, Ujang Iskandar mendaftar ke PDIP sebagai cawagub

Baca juga: Abdul Razak pastikan serius maju di Pilkada Kalteng 2020


Melihat potensi tersebut, sejumlah nama pun telah mendaftar ke PDIP agar diusung menjadi calon gubernur di Pilkada Kalteng tahun 2020. Beberapa nama yang telah mendaftar yakni, Sugianto Sabran yang sekarang ini masih menjabat Gubernur Kalteng sekaligus Dewan Pertimbangan Daerah DPD PDIP Kalteng, mantan Wali Kota Palangka Raya Riban Satia, Bupati Barito Utara Nadalsyah, serta lainnya.

"Kalau saya melihat, semua nama yang mendaftar di PDIP itu punya peluang sama. Apakah dia petahana ataupun tidak. Kita lihat saja lah nanti siapa yang diusung PDIP," demikian Perdie.

Baca juga: Kepas Rangkai siap bertarung bersama PDI Perjuangan pada pilkada Kalteng

Baca juga: Mantan Wali Kota HM Riban Satia resmi daftar Cagub Kalteng