Mantan Wali Kota HM Riban Satia resmi daftar Cagub Kalteng

id palangka raya,pilgub kalteng,sigit k yunianto, HM Riban Satia,calon gubernur kalteng

Mantan Wali Kota HM Riban Satia resmi daftar Cagub Kalteng

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteng, Sigit K Yunianto menerima berkas pendaftaran bakal calon gubernur Riban Satia di Palangka Raya, Jumat (27/9/2019) (Foto/ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Mantan Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia resmi mengikuti bursa Calon Gubernur Kalimantan Tengah dengan mendaftarkan diri ke penjaringan Cagub dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kalteng.

"Hari ini kami menyerahkan kembali berkas pendaftaran bapak Riban Satia sebagai calon Gubernur Kalimantan Tengah," kata tim dan juga utusan Riban Satia, Riduan di Kantor DPD PDI Perjuangan Kalteng di Palangka Raya, Jumat.

Penyerahan berkas sebagai calon Gubernur Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" itu sebagai bentuk keseriusan Wali Kota Palangka Raya dua periode itu menuju kursi Kalteng satu.

Baca juga: Kepas Rangkai siap bertarung bersama PDI Perjuangan pada pilkada Kalteng

"Pendaftaran ini hanya dilakukan di DPD PDI Perjuangan. Kami optimistis dengan setiap apa yang kami lakukan," kata Riduan didampingi sejumlah pendukung Riban Satia.

Dia pun menerangkan pada penyerahan berkas calon gubernur Kalteng di Kantor DPD PDI P Kalteng Riban tak bisa hadir karena tengah ada kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan.

"Beliau siap dan keluarga besar telah mendukung untuk maju. Baru ke PDIP beliau meminta kami menyerahkan berkas," ujarnya.

Baca juga: Golkar daftarkan Paman Birin ke PDIP sebagai cagub Kalsel

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit K Yunianto mengatakan, calon yang resmi mendaftar itu ditandai dengan penyerahan kembali berkas ke DPD PDIP.

"Pak Riban hari ini telah resmi mendaftar. Dengan itu beliau akan mengikuti proses tahapan penjaringan dan penyaringan PDIP," kata pria yang juga Ketua DPRD Kota Palangka Raya itu.

Sigit mengatakan, penjaringan ini dilakukan terbuka untuk siapa pun yang merasa siap. Sampai saat ini sudah ada tujuh orang atau mengembalikan berkas pendaftaran sebagai calon gubernur dan lima calon wakil gubernur.

Penerimaan berkas bursa calon gubernur dan wakil gubernur yang dilakukan partai berlambang banteng moncong putih itu dilakukan hingga 28 September pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Baru Sugianto kembalikan formulir pendaftaran cagub ke PDIP Kalteng