TMMD bangun jalan menghubungkan Muara Bakah-Mukut

id tmmd barito utara,kodim muara teweh,bupati nadalsyah,jalan muara bakah- mukut

TMMD bangun jalan menghubungkan Muara Bakah-Mukut

Bupati Barito Utara Nadalsyah pakaian loreng (kanan) membuka kegiatan TMMD didampingi Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf Yusan Riawan di Desa Mukut Kecamatan Lahei Barat, Rabu (2/10/2019) ANTARA/Dokumen pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, membuka jalan yang menghubungkan Desa Muara Bakah - Desa Mukut Kecamatan Lahei  sepanjang enam kilometer dan lebar 10 meter.

Selain itu juga dibuat parit kanan dan kiri jalan sepanjang 12 kilometer dengan lebar  satu meter dan kedalaman 1 meter, kata Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf Yusan Riawan di lapangan sepakbola Desa Mukut Kecamatan Lahei, Rabu.

"Hal ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan roda perekonomian daerah serta dapat menghubungkan antar desa," tambahnya.  

Menurut dia, jalan yang dibuka demi kepentingan masyarakat agar jalan dari Desa Mukut ke Muara Bakah bisa terhubung. 

"Strategis lagi semua hasil perkebunan warga bisa dibawa lebih mudah, karena jaraknya terpotong tidak hanya lewat sungai," ujar Dandim Yusan.

TMMD Imbangan ini dilaksanakan selama 30 hari dengan kegiatan secara terpadu melalui proses perencanaan secara komprehensif dan integral dengan sistem bottom up planning, yang ditindaklanjuti dengan sistem top down. 

Bupati Barito Utara  Nadalsyah saat membuka kegiatan menyampaikan, apresiasi yang tinggi atas program TNI manunggal membangun desa yang merupakan lanjutan dari program TNI terdahulu yang disebut dengan ABRI masuk desa.

"Program yang dimulai sejak 1980 lalu. dilaksanakan secara terpadu oleh TNI bekerjasama dengan instansi terkait dan masyarakat setempat. Kegiatan TMMD ini  dilaksanakan guna percepatan pembangunan guna meningkatkan kualitas kehidupan, juga menumbuhkan budaya gotong royong masyarakat dalam membangun daerahnya," kata Nadalsyah yang sekaligus bertindak selaku inspektur upacara.

Dia mengatakan, TMMD  merupakan cara yang tepat dan strategis apabila dihadapkan dengan kondisi pembangunam bangsa, baik dalam dimensi pembangunan maupun pemerataan, dan merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, lembaga pemerintah non apartemen dan pemerintah daerah serta segenap komponen masyarakat.

TMMD adalah bentuk kepedulian TNI dalam percepatan pembangunan untuk memberdayakan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan dan berkelanjutan. 

"Agar tercipta dan terbina kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka ketahanan nasional," ucapnya. 

Nadasyah menambakan,TMMD bertujuan membantu pemerintah daerah dalam menciptakan suasana kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri, yang dilaksanakan melalui pembangunan sasaran fisik dan non fisik. 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar