Bupati Gumas: Pemuda pemudi harus bersatu membangun daerah

id bupati gunung mas, Jaya S Monong,sumpah pemuda,Pemuda pemudi harus bersatu membangun daerah

Bupati Gumas: Pemuda pemudi harus bersatu membangun daerah

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong (tengah) saat memimpin upacara Hari Sumpah Pemuda di halaman kantor bupati setempat, Senin (28/10/2019). (ANTARA/HO-Diskominfo dan SP Kabupaten Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengajak para pemuda agar bersatu dalam membangun kabupaten itu, agar nantinya dapat maju dan sejajar dengan daerah lain.

“Mari pemuda pemudi Gunung Mas, kita bersatu dan bersama-sama membangun daerah, menuju Kabupaten Gunung Mas yang sejahtera dan bermartabat,” ucap Jaya usai memimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda, di Kuala Kurun, Senin.

Dia mengatakan, dalam membangun tentunya diperlukan partisipasi dan peran aktif dari seluruh pihak, termasuk para pemuda. Untuk itu, partisipasi dan peran aktif dari para pemuda sangat diharapkan, demi kemajuan daerah.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas: Sumpah Pemuda jadi momentum melawan narkoba

Orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini mengimbau kepada generasi muda agar memaknai peringatan Sumpah Pemuda, serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan ini Jaya juga mengingatkan kepada para pemuda agar mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan, diantaranya adalah kemajuan teknologi dan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba.

Menurutnya, kemajuan teknologi memiliki sisi positif dan sisi negatif. Oleh sebab itu, upaya pencegahan dalam menghadapi sisi negatif dari kemajuan teknoligi dan harus benar-benar diperhatikan oleh seluruh pihak.

Baca juga: Pemilihan BPD serentak di Gumas cegah munculnya 'pemilih siluman'

“Untuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, perlu peran dari seluruh pihak termasuk generasi muda untuk mencegahnya, sehingga Kabupaten Gunung Mas dapat terbebas dari ancaman narkoba,” bebernya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda hendaknya dapat menjadi momentum untuk melawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah setempat.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini mengatakan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba merupakan hal yang harus mendapat perhatian serius dari seluruh pihak, termasuk para pemuda.

Sebab, lanjut dia, narkoba sangat merusak siapa saja yang terlibat. Secara khusus, generasi muda sebagai generasi yang akan meneruskan roda pemerintahan dan pembangunan jangan sampai rusak karena narkoba.

“Pemuda merupakan generasi terdepan, jadi jauhkan diri dari narkoba,” tegas legislator yang berasal dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya ini.

Baca juga: Gumas terima bantuan tong sampah dan komposter dari pemprov

Baca juga: DPRD Gunung Mas kunker ke Bekasi

Baca juga: Pemkab Gumas sediakan belasan juru pelihara cagar budaya