Fisipol UMP masuk konsorsium 'Muhammadiyah Online University'

id fisipol,UMP,Fisipol UMP,Muhammadiyah Online University,Fisipol UMP masuk konsorsium 'Muhammadiyah Online University'

Fisipol UMP masuk konsorsium 'Muhammadiyah Online University'

Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti, M.Pd, M.Ed, Ph.D (pakai jas) usai pembahasan Muhammadiyah Online University bersama Rektor UMP Dr.H.Sonedi,M.Pd, WR II Ika Safitri Widiharti,ST,M.Eng,Ph.D dan Dekan Fisipol UMP, Rabu (30/10/19). ANTARA/Lab.Komunikasi Fisipol UMP

Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) masuk dalam konsorsium "Muhammadiyah Online University" dan merupakan satu-satunya perguruan tinggi Muhammadiyah di Pulau Kalimantan yang dapat masuk dalam konsorsium ini.

Persyarikatan Muhammadiyah sendiri mendirikan “Muhammadiyah Online University (MOU)” yaitu model penyelenggaraan perguruan tinggi berbasis aplikasi teknologi yang launching (peluncuran) secara nasional dipusatkan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 18 Nopember 2019.

Sekretaris Majelis Pendidikan Tinggi dan Litbang PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti, M.Pd, M.Ed, Ph.D disela-sela menghadiri wisuda Program Pascasarjana, Sarjana, Diploma Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) di kampus 1 di Palangka Raya, Rabu, menyebutkan kebijakan mendirikan MOU guna menghadapi tuntutan model penyelenggaraan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan segala perangkatnya yang sangat diminati dan menjadi kebutuhan kaum milenial.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UMP telah memiliki Program Studi Terakreditasi Unggul yaitu perolehan Prodi Ilmu Administrasi Negara Fisipol UMP Terakreditasi A berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Nomor:2830/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019.

Baca juga: UMP dan LKBN Antara kerja sama gelar seminar nasional 'public speaking'

Menurut Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah M.Sayuti, Ph.D, bersamaan launching pendirian MOU di Yogyakarta pertengahan Nopember 2019, secara bersamaan mengajukan izin penyelenggaraan ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Izin operasional penyelenggaraan MOU yang segera diajukan ke emerintah terdiri dari model penyelenggaraan online penuh dan online konsorsium dari 166 Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang ada di Indonesia,” ucapnya.

Dalam kesempatan kunjungan ke Palangka Raya, Sekretaris Majelis Diktilitbang M.Sayuti,Ph.D berkesempatan bersama Rektor UMP Dr.H.Sonedi,M.Pd membahas terkait operasional “Muhammadiyah Online University” dan disepakati masuknya Prodi Ilmu Administrasi Negara Fisipol UMP yang sudah mengantongi Akreditasi A/Unggul dari BAN-PT dalam pola konsorsium MOU.

Baca juga: Mahasiswa Fisipol UM Palangkaraya dalami manajemen risiko kebencanaan

Rektor UMP Dr.H.Sonedi,M.Pd menyatakan segera menyiapkan guna penyesuaian pola perkuliahan yang akan dijalankan bersama konsorsium kampus Muhammadiyah se-Indonesia yang masuk dalam Muhammadiyah Online University.

Suasana perkuliahan lapangan Mahasiswa S1 Fisipol UMP. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)



Wakil Rektor UMP Bidang Kerjasama, Hubungan Antar Lembaga dan SDM, Ika Safitri Widiharti,ST,M.Eng,Ph.D yang turut dalam pembahasan bersama Dekan Fisipol UMP, menyatakan segera melakukan konsolidasi internal dan eksternal guna menyambut launching Muhammadiyah Online University pada 18 Nopember 2019 di Yogyakarta.

“Fisipol UMP dalam model penyelenggaraan pendidikan yang berjalan saat ini, sudah masuk dalam suasana ini (pembelajaran online) pada ketiga Prodi. Sehingga tinggal penguatan dan penyesuaian beberapa yang menjadi pola operasional Muhammadiyah Online University,” ucap Ika Safitri,Ph.D yang satu alumni Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti,Ph.D lulusan Australia.

Fisipol UMP memiliki tiga Program Studi yaitu Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara Terakreditasi A, Prodi S2 Magister Administrasi Publik Terakreditasi B dan dalam proses menuju Terakreditasi A, serta S1 Ilmu Komunikasi dalam proses menuju Terakreditasi B.

Data Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, dari 166 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah yang ada di Tanah Air terdiri dari 55 Universitas, 90 Sekolah Tinggi, 10 Akademi, 7 Institut, dan 4 Politeknik.

Sedangkan jumlah Program Studi yang ada pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah se-Indonesia tercatat 1.663 Prodi terdiri dari 203 Prodi Diploma, 1.236 Prodi S1, 85 Prodi Profesi, 127 Prodi S2, dan 12 Prodi S3.

Baca juga: UM Palangkaraya bersiap menuju status Terakreditasi Internasional

Baca juga: Rektor UMP: Sarjana harus aktif sukseskan pembangunan daerah

Baca juga: BPJS-TK Palangka Raya menggelar kegiatan mengajar di Fisipol UMP


Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar