Rektor UMP: Sarjana harus aktif sukseskan pembangunan daerah

id palangka raya,um palangka raya,sonedi,fahrizal fitri

Rektor UMP: Sarjana harus aktif sukseskan pembangunan daerah

Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Dr Sonedi (tengah) saat acara wisuda 2019 di Palangka Raya, (30/10). Sebanyak 786 mahasiswa diwisuda yang terdiri dari 34 lulusan program S2, 530 lulusan program S1 dan 222 lulusan program D3. (Antara/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Palangkaraya, Dr Sonedi mengatakan sarjana lulusan universitas setempat harus melihat dan memanfaatkan setiap peluang sehingga mampu terlibat langsung dan aktif dalam pembangunan di daerahnya.

"Sarjana harus mampu melihat setiap peluang, baik yang sesuai program studi maupun tidak. Sarjana juga harus terlibat dalam pembangunan daerah dan mampu menerapkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan," ujar Sonedi di Palangka Raya, Rabu.

Pernyataan itu diungkapkan rektor universitas bermoto "the green islamic campus" itu saat membuka acara wisuda program D3, S1 dan magister yang digelar di aula perguruan tinggi setempat.

Baca juga: UMP dan LKBN Antara kerja sama gelar seminar nasional 'public speaking'

Pada acara tersebut, sebanyak 786 mahasiswa diwisuda yang terdiri dari 34 lulusan program S2, 530 lulusan program S1 dan 222 lulusan program D3.

Sonedi menyebutkan, pihaknya terus berkomitmen meningkatkan kualitas akademik dan non akademik lulusan universitas tersebut yang salah satunya melalui berbagai program kerja sama.

"Selain terus meningkatkan pelayanan, kami juga akan mengembangkan kerja sama melalui program pertukaran pelajar dan magang di sejumlah kantor konsulat jenderal Indonesia," tambahnya.

Dari sisi akreditasi, saat ini ada salah satu program studi di UM Palangkaraya juga ada yang mendapat akreditasi A yakni program studi Admnistrasi Negara.

Baca juga: Mahasiswa Fisipol UM Palangkaraya dalami manajemen risiko kebencanaan

"Ke depan kami juga akan melakukan reakreditasi yakni dengan meningkatkan akreditasi universitas baik fakultas hingga tingkat program studi. Apalagi akreditasi sebagai salah satu indikator kualitas pelaksanaan pendidikan tinggi," jelasnya.

Sonedi pun berpesan agar para sarjana tersebut selalu menjaga nama baik universitas diantaranya dengan meningkatkan profesionalitas, disiplin dan bertanggung jawab dalam setiap perbuatan yang dilakukan.

Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti mengatakan dunia pendidikan tinggi merupakan salah satu dukungan Muhammadiyah terhadap program pemerintah.

"Melalui dunia pendidikan Muhammadiyah turut membantu pemerintah mencerdaskan dan mencetak generasi penerus bangsa berkarakter. Untuk itu kami minta seluruh jenjang pendidikan Muhammdiyah terus bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah," terangnya.

Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri yang mewakili Gubernur Sugianto Sabran meminta seluruh wisudawan terus mengasah kemampuan baik intelektual maupun mental.

"Saya berpesan agar mahasiswa yang hari ini diwisuda terus mengasah kemampuan sehingga mampu bersaing di dunia kerja nantinya. Kami pemerintah daerah juga akan selalu siap mendukung program Universitas Muhammadiyah Palangkaraya," jelasnya.


Baca juga: Mahasiswa UM Palangkaraya terpilih jadi korwil Festival Pemuda

Baca juga: UM Palangkaraya bersiap menuju status Terakreditasi Internasional

Baca juga: Mahasiswa baru UMP mulai ikuti pembekalan

 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar