Umi Mastikah: Pemuda harus bisa warisi semangat pahlawan

id umi mastikah,palangka raya,wakil wali kota,hari pahlawan,Umi Mastikah: Pemuda harus bisa warisi semangat pahlawan

Umi Mastikah: Pemuda harus bisa warisi semangat pahlawan

Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah saat berziarah di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang Palangka Raya (HO/Facebook/Umi Mastikah Sriosako)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah mengatakan pemuda di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu harus bisa mewarisi dan melestarikan semangat para pahlawan dalam rangka mengisi kemerdekaan.

"Ayo kita perkuat kembali semangat patriotisme, rela berkorban segenap jiwa raga kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semangat pahlawan yang rela mengorbankan harta bahkan nyawa demi negara harus kita warisi," katanya di Palangka Raya, Senin.

Wakil wali kota setempat dari kalangan perempuan itu, mengatakan generasi muda harus bisa mewarisi semangat rela berkorban para pahlawan karena di pundak pemudalah masa depan bangsa dan negara berada.

Baca juga: Ketua DPRD Kotim ajak generasi muda teladani semangat juang pahlawan

Dia meminta seluruh elemen masyarakat di "Kota Cantik" itu tidak melupakan nilai-nilai pengorbanan dan jasa-jasa para pahlawan.

Semangat yang dimiliki para pahlawan hendaknya melekat di jiwa dan sanubari individu guna membangun masa depan bangsa dan negara yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian tinggi.

Hal yang bisa dilakukan para pemuda dalam pembangunan, kata dia, antara lain mengikuti proses pendidikan secara baik, mengingat dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan untuk pembangunan bangsa.

"Pahlawan itu tidak pasif atau berdiam diri apalagi acuh dengan perkembangan lingkungan dan perubahan zaman. Maka generasi penerus bangsa ini harus aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan. Pemuda juga harus membekali diri dengan integritas tinggi sehingga mampu bersaing di era globalisasi tanpa meninggalkan jati diri bangsanya," katanya.

Orang nomor dua di lingkup pemerintah daerah di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu, mengajak generasi muda setempat agar menjaga persatuan kesatuan dalam keberagaman atau Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI.

Baca juga: Semangat pahlawan harus terus ditanamkan kepada generasi muda

Baca juga: Janji Timnas U-19 lunas pada Hari Pahlawan

Baca juga: Gubernur minta kepala daerah di Kalteng penuhi kebutuhan veteran dan keluarga