Gubernur minta kepala daerah di Kalteng penuhi kebutuhan veteran dan keluarga

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, sugianto sabran, veteran, pahlawan, hari pahlawan, bupati, wali kota

Gubernur minta kepala daerah di Kalteng penuhi kebutuhan veteran dan keluarga

Dok-Veteran pejuang. (ANTARA/Norjani)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengingatkan kepada semua pihak, tentang besarnya jasa para veteran untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan terbebas dari penjajahan.

"Jadi saya minta, utamanya para kepala daerah di Kalteng baik bupati dan wali kota, memerhatikan kondisi para veteran dan anak cucunya di masa kini," katanya di Palangka Raya, Minggu.

Para veteran merupakan para pahlawan yang berjasa, tidak hanya berkontribusi membantu Indonesia merdeka namun juga mendirikan Kalteng. Untuk itu, sudah sewajarnya mereka beserta keluarga, mendapatkan perhatian maupun bantuan khusus dari pemerintah daerah.

Bantuan dan perhatian itu, seperti menyediakan hunian yang layak, kepastian pendidikan maupun kesehatan, hingga peluang untuk memulai usaha atau bekerja. Jika sejumlah hal itu belum bisa dipenuhi, tentu menjadi persoalan yang harus segera diselesaikan.

"Pemerintah itu memiliki kebijakan, mulai dari presiden, para menteri, kami selaku gubernur hingga bupati dan wali kota. Khususnya yang ada di Kalteng wajib mengurus para pahlawan," pintanya.

Ia meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait maupun bupati dan wali kota menginventarisir, serta memenuhi semua kebutuhan para veteran dan keluarganya.

Jika tak memiliki rumah maka disediakan rumah, tak bersekolah maka bisa sekolah, serta saat ke puskesmas atau rumah sakit mendapatkan pelayanan prima.

"Miris melihat bangsa ini, jika tak mampu memberi perhatian dan memenuhi kebutuhan para pahlawan yang telah berjasa tersebut. Makanya saya mengingatkan hal itu untuk diperhatikan," tutur Sugianto.

Lebih lanjut ia mengingatkan kepada semua pihak, utamanya para pemuda sebagai generasi penerus bangsa, agar memaknai peringatan Hari Pahlawan dan menjadikannya sebagai motivasi kepada diri, bukan hanya sebatas memperingatinya sebagai rangkaian acara seremonial.

Yakni meneladani para pahlawan terdahulu yang memiliki semangat juang tinggi dan optimisme dalam setiap langkahnya, sehingga dapat diterapkan di masa kini untuk berkontribusi terhadap daerah, bangsa dan negara.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar