Aubameyang selamatkan muka Arsenal dari kekalahan atas Bournemouth

id Aubameyang selamatkan muka Arsenal dari kekalahan atas Bournemouth,Pierre-Emerick Aubameyang,Aubameyang

Aubameyang selamatkan muka Arsenal dari kekalahan atas Bournemouth

Pesepak bola Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang menendang bola dan berhasil membobol gawang lawannya West Ham United dalam laga pekan ke-16 Liga Inggris, di Stadion London, London, Inggris, Senin (9/12/2019). ANTARA FOTO/ReutersDavid Klein/hp.

Jakarta (ANTARA) - Pierre-Emerick Aubameyang menyelamatkan Arsenal dari kekalahan dalam laga debut manajer anyar Mikel Arteta dengan mencetak gol untuk mengimbangi tuan rumah Bournemouth 1-1 pada pertandingan Boxing Day Liga Inggris di Stadion Vitality, Kamis.

Aubameyang mencetak gol pada menit ke-63 yang mengubur harapan menang Bournemouth yang sejak menit ke-35 unggul lebih dulu melalui gol Dan Gosling.

Hasil itu membuat Arsenal tertahan pada urutan ke-11 klasemen dengan 24 poin, sedangkan Bournemouth (20) melorot ke posisi ke-16, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Pertandingan berjalan cukup terbuka dan kedua kubu saling serang sejak sepak mula.

Bournemouth bahkan hampir unggul saat laga baru berjalan lima menit melalui Ryan Fraser yang digagalkan penyelamatan gemilang kiper Bernd Leno.

Enam menit kemudian giliran Arsenal yang memperoleh peluang ketika Mesut Oezil mengumpan Alexandre Lacazette tepat di titik putih, tetapi penyerang Prancis itu gagal menemui sasaran dalam upaya penyelesaiannya.

Pada menit ke-19, Arsenal memperoleh dua peluang beruntun yang dihalau barisan pertahanan tuan rumah. Tembakan Reiss Nelson dihalau Steve Cook, sedangkan sambaran Aubameyang mengarah tepat untuk disapu Jack Stacey.

Tuan rumah berhasil memecahkan kebuntuan dan membuka keunggulan pada menit ke-35 melalui aksi Stacey melewati Bukayo Saka dan melepaskan umpan tarik yang diselesaikan tanpa cela oleh Gosling.

Tiga menit jelang turun minum Bournemouth hampir menggandakan keunggulan ketika Joshua King berhasil melewati Ainsley Maitland-Niles dan Sokratis Papastathopoulos, tetapi tembakannya dari sudut sempit bisa diamankan Leno.

Babak kedua Arsenal memberi respon yang baik dan akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-63 saat Nelson melepaskan umpan dari sisi kanan untuk dibenamkan Aubameyang ke pojok kiri bawah gawang. Bournemouth satu, Arsenal satu.

Arsenal hampir berbalik memetik kemenangan pada menit pertama injury time namun Joe Willock menyianyiakan umpan matang Alexandre Lacazette. Tembakan Willock terlalu mudah untuk diamankan kiper Aaron Ramsdale dan Arteta dipaksa puas dengan satu poin dalam laga debutnya bersama Arsenal.

Arteta berkesempatan untuk meraih kemenangan pertamanya tiga hari lagi saat Arsenal menjamu Chelsea di Emirates untuk laga pengujung tahun 2019, sehari setelah Bournemouth bertandang ke markas Brighton & Hove Albion.


Susunan pemain:

Bournemouth (3-5-2): Aaron Ramsdale; Steve Cook, Chris Mepham, Jack Simpson; Jack Stacey, Lewis Cook, Jefferson Lerma, Dan Gosling (Philip Billing), Ryan Fraser; Callum Wilson, Joshua King (Harry Wilson)
Pelatih: Eddie Howe

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, David Luiz, Sokratis Papastathopoulos (Shkodran Mustafi), Bukayo Saka; Granit Xhaka, Lucas Torreira; Reiss Nelson (Nicolas Pepe), Mesut Oezil (Joe Willock), Pierre-Emerick Aubameyang; Alexandre Lacazette
Pelatih: Mikel Arteta