128 tim pemadam kebakaran dua provinsi adu ketangkasan di Kapuas

id 128 tim pemadam kebakaran dua provinsi adu ketangkasan di Kapuas,Kapuas,BPK,Kebakaran

128 tim pemadam kebakaran dua provinsi adu ketangkasan di Kapuas

Sejumlah peserta lomba melakukan adu ketangkasannya dalam lomba bertajuk 'Paman Siwah Cup 2020' di lapangan sepak bola Panunjung Tarung jalan Maluku Kota Kuala Kapuas, Minggu (26/1/2020) pagi. ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sebanyak 128 tim Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dari berbagai wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti lomba ketangkasan pemadam kebakaran di Kota Kuala Kapuas.

"Saya mengajak kita semua selalu junjung tinggi sportifitas dan jadikan ajang lomba ketangkasan Pemadam Kebakaran (Damkar) ini, untuk terus menjalin silaturahmi antar sesama anggota Damkar dari berbagai wilayah," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andreas Nuah, saat mebuka lomba yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Panunjung Tarung Kota Kuala Kapuas, Minggu.

Pemerintah daerah sangat mengapresiasi pelaksanaan lomba ketangkasan Damkar bertajuk 'Paman Siwah Cup 2020' ini. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan, kekompakan dan kerja sama.

Andreas Nuah berharap kegiatan ini mampu mengasah keterampilan setiap tim pemadam kebakaran dalam menghadapi bencana, khususnya kebakaran lahan dan permukiman. Ini sangat penting sebagai modal bagi mereka menjalankan tugas.

Bagi peserta maupun tim yang belum mendapatkan juara diharapkan tidak berkecil hati. Kegiatan ini diharapkan menjadi pemicu semangat untuk tahun yang akan datang, sehingga lebih baik lagi dan dapat menjadi juara.

“Sekali lagi saya berharap kepada seluruh peserta agar tetap selalu menjunjung tinggi sportivitas serta jadikan kegiatan ini, sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi sesama anggota pemadam kebakaran dari berbagai pihak,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Damkar Mandiri Kabupaten Kapuas, Kunanto berharap, lomba ketangkasan seperti ini dapat diadakan setiap tahun dengan peserta yang akan datang tidak hanya dari wilayah Kalimantan Tengah maupun dari Kalimantan Selatan, tetapi juga dari daerah lain.

"Saya harapkan, agar setiap peserta dapat menjadikan lomba ini sebagai ajang silaturahim sekaligus untuk meningkatkan profesionalisme dan kerja sama antara anggota barisan pemadam kebakaran lainnya," ucap Kunanto.

Ketua Panitia Lomba Sunardi menjelaskan, bahwa tujuan diadakannya lomba ini, selain untuk meningkatkan profesionalisme ketangkasan dan kerja sama antara anggota barisan pemadam kebakaran swasta dari berbagai daerah. Selain itu juga demi menjaga lingkungan pemukiman masyarakat dari musibah kebakaran. 

"Jumlah peserta yang mengikuti lomba tersebut sebanyak 128 tim Barisan Pemadam Kebakaran dari wilayah Kalteng dan Kalsel yang dilaksanakan selama satu hari. Juaranya akan mendapatkan uang pembinaan, piagam dan piala dari Panitia Pelaksana Paman Siwah Cup 2020," demikian Sunardi.