Rossi akan putuskan tengah musim, pensiun atau tetap membalap

id Valentino Rossi,Moto gp,Rossi pensiun

Rossi akan putuskan tengah musim, pensiun atau tetap membalap

Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) memperlihatkan desain livery baru helmnya di GP San Marino. ANTARA/Twitter.com/YamahaMotoGP/pri

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi, bersama Yamaha, akan memutuskan masa depannya apakah akan tetap membalap atau pensiun dari MotoGP pada pertengahan musim 2020.



Rossi akan menjalani musim ke-15-nya sebagai pebalap tim Yamaha Factory Racing tahun ini sebelum digantikan oleh Fabio Quartararo yang akan menjadi rekan satu tim Maverick Vinales tahun depan.



Setelah berdiskusi dengan tim, pebalap asal Italia itu akan mengambil keputusan final pada pertengahan tahun ini setelah melakukan evaluasi tentang kecepatannya di trek dibandingkan dengan para pesaing lainnya di grid MotoGP dalam tujuh atau delapan seri awal musim ini.



Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis pun mendukung dan menghargai keputusan dari sang pebalap yang akan genap berusia 41 tahun pada 16 Februari nanti.



"Di saat kami memiliki rasa hormat dan keyakinan yang tinggi terhadap kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Valentino pada kejuaraan tahun 2020, pada saat yang sama Yamaha juga memiliki rencana untuk masa depan," kata Jarvis seperti dikutip laman resmi tim, Rabu.



Apabila Rossi memutuskan untuk terus membalap, Yamaha menjamin akan tetap memberinya motor YZR-M1 spesifikasi pabrikan untuk membalap dan dukungan teknis.



Jika dia memutuskan untuk pensiun, Yamaha akan melanjutkan kolaborasi mereka di luar trek dengan para pebalap muda dari program pelatihan dan juga Yamaha VR46 Master Camp, dengan Rossi sebagai ambassadornya.



Sementara itu, Yamaha akan tetap mendukung penuh kampanye Rossi tahun ini yang merupakan tahun ke-25-nya turun di kejuaraan dunia, tahun ke-21 di kelas premier dan tahun ke-15 bersama Yamaha.



Rossi pun mengungkapkan jika Yamaha telah memintanya untuk membuat keputusan sejak awal tahun ini, namun dia tak ingin terburu-buru dan meminta sejumlah waktu, sementara fokus menghadapi musim ini dengan kepala kru baru.



"Sebelum itu, saya membutuhkan sejumlah jawaban yang hanya bisa dijawab di trek dan oleh beberapa balapan pertama.



"Saya senang, jika saya memutuskan untuk lanjut, Yamaha siap untuk mendukung saya dalam semua hal, memberi saya motor spesifikasi pabrikan dan kontrak pabrikan.



Sebelum seri perdana musim ini digelar di Qatar 8 Maret, Viñales dan Valentino Rossi akan menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 6 Februari.


Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar