Rossi merasa puas dengan hasil tes pramusim di Sepang

id Valentino rossi, rossi , sepang

Rossi merasa puas dengan hasil tes pramusim di Sepang

Pebalap tim Monster Energy Yamaha MotoGP Valentino Rossi menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia. (ANTARA/HO-yamahamotogp.com)

Jakarta (ANTARA) - Valentino Rossi mengaku puas dengan hasil tes pramusim Sepang, Malaysia setelah meraih hasil terbaiknya pada Minggu, mencatatkan waktu 1:58,541 untuk menduduki peringkat kelima.

Pebalap tim Monster Energy Yamaha MotoGP itu kali ini mampu menembus satu menit 58 detik, memperbaiki catatan waktu yang ia raih di dua hari sebelumnya di mana ia berturut-turut finis peringkat ke-10.

Meski demikian, Rossi masih kalah 0,192 detik dari pebalap tim satelit Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo yang mendominasi tiga hari tes di Sepang sebagai yang tercepat. Quartararo yang menjadi rookie terbaik tahun lalu itu akan menggantikan Rossi mulai tahun depan di tim pabrikan Yamaha.

Baca juga: Yamaha soal M1 dan ekspektasi pada Valentino Rossi tahun ini

"Kami cukup puas dengan tiga hari ini. Hari ini hari yang baik. Aku mencetak waktu yang sangat baik ditime attack. Pertama kali bagiku menembus 58, jadi ini positif karena kami juga di P5," kata Rossi seperti dilansir laman resmi MotoGP.

"Kami menggarap cukup banyak hal seperti di kecepatan dan beberapa hal lainnya. Tapi kami masih harus berbenah karena yang para pebalap lain juga cepat, tapi tiga hari ini positif.

Rossi yang di ambang pensiun akan mengambil keputusan final pada pertengahan tahun ini, Dia terlebih dahulu akan melakukan evaluasi tentang kecepatannya di trek dibandingkan dengan para pesaing lainnya di grid MotoGP dalam tujuh atau delapan seri awal musim ini.

Sementara catatan waktu rekan satu timnya, Maverick Vinales merosot ke peringkat ke-18 dengan 1:59,169. Namun sang pebalap bernomor 12 itu melahap 83 lap untuk pengujian jarak jauh.

Baca juga: Rossi, Vinales kenalkan tunggangan baru mereka untuk musim MotoGP 2020

Yamaha menyematkan perangkat holeshot yang digunakan untuk membantu pebalap ketika start di motor Rossi, Vinales dan pebalap uji Katsuyuki Nakasuga.

"Tak terlalu buruk, tapi kami masih harus mengujinya lagi sebelum digunakan," kata Rossi soal performa perangkat tersebut.

Sedangkan Jorge Lorenzo yang mendapat peran baru sebagai pebalap uji Yamaha baru turun di hari terakhir untuk mengitari Sepang sebanyak 46 putaran.

Satu lagi tes pramusim akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 22 Februari sebelum seri pembuka musim 2020 yang digelar di lokasi yang sama pada 8 Maret nanti.