Aksi bersih sampah di Pasar Tamiang Layang diharapkan tingkatkan kesadaran masyarakat

id Pemkab bartim, bartim, barito timur, tamiang layang, pembersihan sampah, dinas lingkungan hidup, dlh, sempadan sungai

Aksi bersih sampah di Pasar Tamiang Layang diharapkan tingkatkan kesadaran masyarakat

Pembersihan sampah di sempadan Sungai Sirau yang berdekatan dengan Pasar Temanggung Djaya Karti di Tamiang Layang, Jumat, (21/2/2020). (ANTARA/Ho-DLH Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat membersihkan area Pasar Temanggung Djaya Karti Tamiang Layang dari sampah-sampah yang sebelumnya berserakan.

Kepala DLH Bartim Lurikto di Tamiang Layang, Jumat mengatakan, setelah membersihkan Pasar Beringin Ampah maka dilanjutkan dengan membersihkan sampah-sampah di pasar kebanggaan warga Tamiang Layang itu.

“Kami berupaya keras dan konsisten menciptakan lingkungan yang bersih, terutama pasar yang setiap hari memproduksi sampah,” katanya di sela kegiatan pembersihan sampah dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional.

Lurikto menambahkan, pembersihan sampah juga dilakukan pada kawasan sempadan Sungai Sirau yang berdekatan dengan Pasar Temanggung Djaya Karti. Juga dilakukan kegiatan tambahan lainnya, yakni pengecatan warna-warni.

Tujuan kegiatan itu untuk membangun kesadaran bersama membudayakan hidup bersih dan sehat, melalui pengelolaan sampah secara berkelanjutan di tengah masyarakat.

Pihaknya berharap mampu meningkatkan peran serta masyarakat, bersama pemkab dalam pengelolaan sampah. Juga memberikan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat tentang permasalahan dan solusi.

“Sampah perlu diatasi bersama, mulai dari sumber sampah ke tempat pembuangan sementara, hingga ke tempat pembuangan akhir,” kata Lurikto.

Pihaknya juga mengharapkan dukungan dan terbangunnya sinergi antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat umum dalam mengatasi masalah sampah yang saat ini dipandang perlu diatasi tersebut.

Lurikto juga mengimbau masyarakat, agar membuang sampah ke tempat pembuangan sementara yang telah disediakan, yakni pada pukul 17.00 WIB hingga 06.00 WIB sesuai ketentuan yang berlaku.

Kegiatan Jumat bersih di Pasar Temenggung Djaya Karti tersebut, melibatkan seluruh personel DLH dibantu Dinas Perdagangan, UPT Pasar Tamiang Layang, Satuan Polisi Pamong Praja, Kecamatan Dusun Timur, Polsek, Koramil dan Kelurahan Tamiang Layang.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar