BKSDA perkirakan Desa Mentaren terdapat habitat buaya

id BKSDA perkirakan Desa Mentaren terdapat habitat buaya,Pulang Pisau,Buaya,Habitat buaya

BKSDA perkirakan Desa Mentaren terdapat habitat buaya

Anak buaya yang berhasil ditangkap warga Desa Mentaren II Kecamatan Kahayan Hilir yang diserahkan kepada petugas BKSDA. ANTARA/ Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Kalimantan Tengah Junaidi Slamet Wibowo mengatakan munculnya anak buaya di wilayah permukiman Desa Mentaren II Kecamatan Kahayan Hilir mengindikasikan wilayah tersebut terdapat tempat tinggal atau habitat buaya muara. 

“Dari informasi yang dihimpun kemunculan buaya terdapat di lokasi itu dengan ukuran yang berbeda-beda,” kata Junaidi, Rabu. 

Dikatakan Junaidi, pihaknya menerima satu anak buaya yang berhasil ditangkap oleh warga setempat bernama Wandi. Lokasi penangkapan anak buaya tersebut berbeda dengan lokasi dalam video yang beredar dengan ukuran yang lebih kecil. 

Menurutnya, anak buaya yang muncul di folder atau saluran primer di Desa Mentaren II merupakan jenis buaya muara. Melihat ukuran dari anak buaya diperkirakan buaya telah berusia lebih dari tiga tahun dan bisa membahayakan warga sekitar. 

“Bahkan ada laporan dari masyarakat, anak buaya telah menyerang unggas milik warga yang ada sekitar saluran primer,” terang Junaidi. 

Kemunculan anak buaya dengan ukuran dan lokasi yang berbeda-beda itu, Junaidi mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati jika melakukan aktivitas di tepian saluran primer atau sungai untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. BKSDA sudah melihat lokasi dan memasang beberapa jerat untuk menangkap anak buaya. 

Dijelaskan Junaidi, ada anak buaya tentu ada induknya dan buaya biasanya memiliki teritorial wilayah kekuasaan. Sedangkan yang ditangkap warga itu di lokasi berbeda sehingga ada kemungkinan ada beberapa koloni buaya yang menghuni perairan Desa Mentaren II. 

Ia juga tidak melarang masyarakat bersama-sama untuk membantu menangkap hewan liar ini, tetapi jangan dibunuh karena buaya menjadi hewan yang di lindungi dan bisa berakibat bermasalah dengan hukum. 

Apabila menemukan dan menangkap anak buaya, bisa dilaporkan kepada BKSDA untuk diamankan. Salah satu ciri buaya beraktivitas dan mencari mangsa pada malam hari. 

“Selain memasang jerat, BKSDA juga memasang spanduk himbauan agar warga setempat bisa lebih berhati-hati,” ucap Slamet. 

Wandi warga yang tinggal di RT.07 Desa Mentaren II mengaku anak buaya yang ditangkapnya ditemukan saat dirinya bekerja di kebun sawit perbatasan Desa Mentaren dan Desa Buntoi. 

Buaya yang ditangkap berukuran sekitar 60 centimeter. Anak buaya itu, terang Wandi, diserahkan kepada pihak BKSDA karena takut nantinya berurusan dengan hukum karena buaya salah satu hewan yang dilindungi. 

Setelah ditangkap dan dipelihara sekitar satu minggu lalu, anak buaya ditempatkan dalam ember besar di belakang rumah. 

Baca juga: Seluruh SOPD Pulang Pisau miliki relawan antinarkoba

Beberapa warga juga menyebut kemunculan anak-anak buaya ini terjadi setelah sebuah perusahaan membuka lahan untuk perkebunan tanaman sengon hingga buaya kehilangan habitatnya. 

Kawasan tersebut sebelumnya merupakan hutan yang belum tersentuh dan diperkirakan habitatnya terganggu hingga masuk ke permukiman warga. 

Meski berukuran kecil, dalam evakuasi anak buaya milik Wandi, salah satu petugas BKSDA bernama Aliansyah terkena gigitan. Gigitan tersebut membuat jari Aliansyah robek dan berdarah. 

Dalam evakuasi anak buaya disaksikan juga Kepala Desa Mentaren II Agus Imam Murdianto, Kapolsek Kahayan Hilir Iptu Widodo, bersama sejumlah anggota Kodim 1011/KLK dan instansi terkait yang juga melakukan koordinasi dan mencarikan solusi agar keberadaan hewan liar ini tidak membahayakan masyarakat sekitar.

Baca juga: Bupati Edy Pratowo minta persoalan karhutla jangan tumbalkan masyarakat

Baca juga: Edy Pratowo temui Menteri Perhubungan RI terkait usulan pengerukan muara DAS Kahayan