Edy Pratowo temui Menteri Perhubungan RI terkait usulan pengerukan muara DAS Kahayan

id Pemkab pulpis, pulang pisau, edy pratowo, menhub, kemenhub ri, dinas perhubungan, perhubungan, budi karya sumadi, transprotasi darat, transportasi sun

Edy Pratowo temui Menteri Perhubungan RI terkait usulan pengerukan muara DAS Kahayan

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo (kiri) berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi terkait beberapa usulan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang perhubungan tranportasi darat dan sungai baru-baru ini. (ANTARA/Ho-Protokol Setda Pulang Pisau)

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan salah satu poin yang diusulkan pihaknya kepada Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, salah satunya adalah pengerukan muara DAS Kahayan Kecamatan Kahayan Kuala.

"Usulan ini tidak terlepas dari Pulpis yang menjadi salah satu pintu gerbang wilayah tengah Kalteng," katanya di Pulpis, Sabtu.

Usulan tersebut guna mendukung kelancaran transportasi laut karena Pulpis memilik beberapa pelabuhan yang menjadi fasilitas penting terhadap masuknya barang dan jasa dalam mendukung peningkatan perekonomian di Kalteng.

Selain itu, usulan pengerukan bukan saja untuk kelancaran transportasi antar pulau tetapi juga mendukung program yang dicanangkan pemerintah pusat sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang akan memperlancar tol laut.

"Selain pengerukan, kami juga mengusulkan beberapa hal lainnya kepada Menteri Perhubungan, diantaranya armada angkutan bus sekolah," katanya.

Usulan moda transportasi darat itu untuk menjamin kelancaran pelayanan angkutan khusus anak-anak sekolah, mengacu konsep program pengembangan yang sinergis dalam keterpaduan sistem transportasi.

Selanjutnya pembangunan dermaga feri penyeberangan di Desa Mintin juga disampaikan pada kesempatan tersebut. Pembangunan dermaga tidak terlepas dari kelancaran tranportasi di sungai serta memenuhi standar pelayaran, mengingat dermaga itu memiliki peran vital dan dibutuhkan masyarakat.

Lebih lanjut Edy Pratowo menjabarkan, usulan yang disampaikan tersebut tak lepas dari terbatasnya anggaran APBD Pulpis. Dari hasil pertemuan tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi menyambut baik keinginan Pemkab Pulpis yang ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Usulan tersebut akan ditindaklanjuti oleh Kemenhub dengan meminta tim lapangan mengecek lokasi yang diusulkan dalam waktu segera," katanya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar