DPRD Barsel dorong pemkab kembangkan pertanian secara optimal

id Dprd barsel, barito selatan, buntok, anggota dprd barsel, putri rohmawati, pertanian, padi, sawah

DPRD Barsel dorong pemkab kembangkan pertanian secara optimal

Anggota DPRD Barito Selatan, Putri Siti Rohmawati. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Buntok (ANTARA) - DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengharapkan pemerintah daerah melalui dinas terkait, agar mengembangkan sektor pertanian secara optimal.

"Kami harapkan sektor pertanian di Barsel bisa dikembangkan secara sistematis terencana dan penerapannya tepat sasaran," kata anggota DPRD Barsel, Putri Siti Rohmawati di Buntok, Rabu.

Menurutnya, semua pihak menginginkan hasil pertanian di Barsel bisa terus berkembang dan produksinya mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Hal tersebut agar pertanian bisa terus tumbuh dan produksinya mengalami peningkatan di setiap tahunnya, sehingga kesejahteraan masyarakat terutama yang berprofesi sebagai petani, bisa mengalami peningkatan.

Untuk itu, ia mengharapkan dinas terkait terus menggenjot pertumbuhan pertanian, baik padi sawah maupun tadah hujan yang ada di sejumlah desa yang tersebar pada enam kecamatan di wilayah setempat.

"Supaya produktivitasnya maksimal, harus dibuat perencanaan secara sitematis yang dimulai dari penyediaan bibit, pupuk, pemeliharaan panen hingga pasca panen," jelas politisi Partai Demokrat Barsel itu.

Ia menambahkan, para petani lokal juga harus diberikan pelatihan mengenai tata cara pengembangan pertanian yang baik, serta pemanfaatan luasan lahan yang mereka miliki secara optimal.

Disamping itu, para petani juga diberikan pelatihan agar mereka dapat diversifikasi tanaman pangan lainnya, seperti jagung, ubi serta tanaman lain yang cocok tumbuh sesuai dengan kondisi lahan.

"Pelatihan pengembangan Itu sangat penting, supaya para petani tidak bergantung dari satu jenis tanaman saja," ungkap Anggota DPRD dari daerah pemilihan Barsel II tersebut.

Hal itu dilakukan agar produktivitas pertaniannya bisa lebih optimal, sehingga kesejahteraan para petani di kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus itu akan terus mengalami peningkatan.