Pemkab Seruyan panen padi seluas 108 hektare

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, panen, padi, dkpp, asam baru, danau seluluk, pertanian, bupati seruyan, yulhaidir, uhai

Pemkab Seruyan panen padi seluas 108 hektare

Bupati Seruyan Yulhaidir bersama Plt Kepala DKPP Seruyan Albidinnor saat melaksanakan panen perdana di Desa Asam Baru, Kecamatan Danau Seluluk, Kamis, (19/3/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Asam Baru, Seruyan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah melaksanakan panen padi perdana di lahan seluas 108 hektare yang ditanami lima kelompok tani di Desa Asam Baru, Kecamatan Danau Seluluk.

“Saya harap panen padi perdana ini mendapatkan hasil yang maksimal, agar bisa menyejahterakan petani,” kata Bupati Seruyan Yulhaidir saat mengikuti panen padi perdana di Desa Asam Baru, Kamis.

Orang nomor satu di Seruyan itu mengharapkan para petani tetap semangat dalam bertani, sehingga apa yang dinginkan semua pihak yakni swasembada pangan dapat terwujud.

Pihaknya juga telah memerintahkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, memberikan alat perontok padi sebanyak lima buah kepada lima poktan yang melaksanakan panen perdana tersebut.

Lanjutnya, pemberian alat penunjang pertanian itu diharapkan bisa lebih memaksimalkan hasil panen, serta meringankan beban para petani yang ada di kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hantantiring.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala DKPP Seruyan Albidinnor mengatakan, panen padi yang dilakukan itu seluas 108 hektare, terdiri dari lima kelompok yaitu Berkat Bersama 45 hektare, Karya Bersama 20 hektare, Asam Asam 20 hektare, Musang Raya 15 hektare dan Gawi Bahandep 8 hektare.

Adapun varietas padi yang ditanam dan sekarang dilaksanakan panen perdana yaitu Inpari 43 melati sedang, padi lokal jenis Gregoi dan Umbang.

“Panen ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara kelompok tani, DKPP serta pihak ketiga,” ungkap Albidinnor.

Diharapkannya kerja sama tersebut dapat terus berjalan, guna meningkatkan produktivitas padi dan mempunyai hasil yang berkualitas.

Albidinnor menambahkan dalam panen perdana itu Bupati Seruyan juga menyerahkan 12 buah hand sprayer kepada sejumlah kelompok tani, untuk membantu mereka dalam beraktivitas atau bekerja.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar