Ini manfaat 'work from home' untuk pengaturan keuangan

id 'work from home', pengaturan keuangan,kerja di rumah,virus corona ,covid 19,Ini manfaat 'work from home' untuk pengaturan keuangan

Ini manfaat 'work from home' untuk pengaturan keuangan

Bekerja di rumah menggunakan perangkat digital (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Ada yang menyebut imbauan pemerintah untuk membatasi aktivitas di luar dan bekerja di rumah, work from home, demi mencegah penyebaran virus corona baru (COVID-19) dapat memperlambat produktivitas.

CEO Kredivo Indonesia Alie Tan melalui keterangannya yang diterima ANTARA, Kamis, mengatakan bahwa terdapat sejumlah manfaat yang didapat oleh pekerja ketika harus bekerja dari rumah. Berikut ulasannya.

Momen beraktivitas dari rumah dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran yang biasa digunakan saat beraktivitas di luar rumah, seperti ongkos transportasi, makan siang, hingga "jajan" di kafe dan sebagainya bersama rekan kerja.

Baca juga: Tips agar tak stres kerja di rumah akibat COVID-19

"Beraktivitas dari rumah justru membuat Anda untuk dapat menabung sehingga uangnya dapat digunakan untuk bucket list Anda berikutnya," kata Alie.

Momen bekerja di rumah dapat dimanfaatkan untuk mengulas catatan keuangan selama tiga bulan terakhir. Menurut Alie, menganalisis pengeluaran penting untuk dilihat bersama dengan pemasukan.

"Ulasan catatan keuangan ini juga bisa jadi refleksi bagi Anda untuk lebih berhemat ke depannya. Evaluasi ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 2-3 bulan sekali," ujar dia.

Belajar dan alokasikan sebagian uang untuk investasi ketika iklim investasi sudah kembali normal dan kondusif. Menurut Alie, investasi merupakan hal yang penting.

Dengan mengalokasikan sebagian penghasilan untuk investasi, maka dapat menjadi jaminan ketidakpastian masa depan serta mengajak pengguna untuk belajar bagaimana mengelola keuangan secara disiplin dan cerdas.

Baca juga: Bekerja dan belajar dari rumah bukan untuk berlibur, kata wapres

Selanjutnya, punya banyak waktu luang, jangan malah jadi konsumtif. Tetaplah jaga cashflow secara sehat dengan pasang target pengeluaran dan pemasukan setiap periodenya.

"Jangan terlena, Anda harus tetap menargetkan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan dan pemasukan sehingga cashflow dapat terjaga secara sehat dan dapat terus dikontrol," kata Alie.

Target ini juga bisa Anda buat dengan cara menyusun perencanaan pengeluaran apa saja yang harus dibutuhkan selama Anda beraktivitas di rumah ini, bahkan bisa mencakup rencana selama beberapa bulan ke depan.

Mengelola keuangan secara disiplin seperti ini dapat semakin mengasah Anda untuk bagaimana mengatur dan mengelola keuangan secara sehat.

Manfaat terakhir dari bekerja di rumah adalah dapat terhindar dari pemakaian uang kertas berlebihan, yang memiliki risiko tinggi sebagai sumber dari penyebaran virus dan bakteri.

"Untuk itu, di kondisi saat ini peran teknologi keuangan mampu mencegah masyarakat bersentuhan langsung dengan uang kertas. Selain itu, masyarakat juga tetap dapat bertransaksi dari rumah dengan memanfaatkan kehadiran fintech," kata dia.

Baca juga: Telkomsel berikan kuota gratis 30GB untuk belajar dari rumah

Baca juga: Tips tetap produktif saat bekerja dari rumah

Baca juga: Berikut platform online untuk belajar di rumah