Kasus positif COVID-19 terbaru di Kapuas termasuk kluster Gowa

id Pemkab kapuas, kuala kapuas, covid 19, kasus positif, virus corona, kluster gowa

Kasus positif COVID-19 terbaru di Kapuas termasuk kluster Gowa

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kapuas, Junaidi. (ANTARA/Ho-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kembali bertambah, setelah satu orang lagi terkonfirmasi positif dari hasil swab yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat, Rabu (29/4).

“Konfirmasi terakhir, positif COVID-19 bertambah satu lagi dan kini secara kumulatif menjadi sembilan kasus,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kapuas, Junaidi di Kuala Kapuas.

Adapun kasus 09 ini, berjenis kelamin laki-laki yang berusia 38 tahun, warga Desa Petak Batuah, Kecamatan Dadahup dan saat ini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangka Raya. Merupakan kluster Gowa dan sebelumnya adalah pasien dalam pengawasan (PDP).

Bertambahnya kasus positif COVID-19 di Kapuas, diharapkan menjadi perhatian semua pihak. Masyarakat diminta lebih berhati-hati dan waspada, sehingga jangan sampai menganggap remeh virus corona tersebut.

“Tidak ada kata lain, kita harus tetap di rumah saja, jaga jarak, gunakan masker jika harus keluar rumah dan jangan melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak," tegasnya.

Mari bersama-sama menyatukan persepsi bahwa COVID-19 sangat berbahaya dan harus diperangi serta segera diakhiri. Untuk itu semua pihak diminta peduli dan disiplin, menerapkan anjuran pemerintah.

Sementara itu, orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah delapan orang yang tersebar di lima kecamatan setempat. Sedangkan pasien dalam pemantauan (PDP) berjumlah empat orang yang tersebar di tiga kecamatan setempat.

Secara kumulatif positif COVID-19 Kapuas sebanyak sembilan kasus, terdiri dari dua orang telah meninggal dan tujuh orang masih dalam perawatan, baik di Rumah Sakit Doris Sylvanus, maupun dikarantina di perumahan NSD Jalan Pemuda Kuala Kapuas.