Hardiknas di tengah COVID-19 jadi momentum seluruh pihak untuk belajar

id Gunung mas, gumas, covid 19, hari pendidikan nasional,Hardiknas di tengah COVID-19 jadi momentum seluruh pihak untuk belajar

Hardiknas di tengah COVID-19 jadi momentum seluruh pihak untuk belajar

Legislator Gumas Riantoe. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Riantoe berharap peringatan Hari Pendidikan Nasional dapat menjadi momentum bagi seluruh pihak untuk terus belajar, khususnya mempelajari hal-hal terkait virus corona jenis baru COVID-19.

"Bukan hanya pelajar, kita semua tanpa terkecuali juga harus belajar, dalam hal ini mencari tahu hal-hal terkait COVID-19,” ucap Riantoe saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu.

Dia mengatakan, pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi saat ini merupakan hal yang baru, sehingga berbagai informasi terkait virus yang pertama kali muncul di Negeri Tirai Bambu China ini terbilang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Baca juga: Orang tua di Gumas diminta jadi motivator bagi anak

Secara pribadi, dirinya juga mengaku kembali belajar dan mencari tahu hal-hal terkait COVID-19, seperti apa itu COVID-19, cara penularan, cara mencegah penyebaran, dan berbagai hal lainnya.

"Kita semua harus belajar agar dapat terhindar dari COVID-19,” beber legislator yang berasal dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Dia menyebut, pandemi COVID-19 juga membawa dampak luar biasa di berbagai bidang, sehingga memaksa seluruh pihak untuk beradaptasi dan mencari inovasi demi mengurangi dampak tersebut.

Baca juga: Dampak COVID-19, pengrajin alat musik tradisional di Gumas sepi pesanan

Misalnya saja, ujar dia, di bidang keagamaan yang membuat masyarakat tidak bisa berkumpul untuk beribadah di tempat ibadah, sehingga sebagian pemuka agama berinovasi agar ibadah tetap dapat berjalan.

Di bidang pendidikan, kegiatan belajar mengajar di sekolah juga ditiadakan dan diganti menjadi kegiatan belajar dari rumah. Sebagian guru juga harus menggunakan teknologi agar kegiatan belajar tetap berjalan baik, meski dilakukan di rumah.

Bagi guru yang sebelumnya tidak akrab dengan teknologi informasi, sambung dia, mereka dituntut untuk menguasai teknologi informasi agar kegiatan belajar dari rumah dapat berjalan baik.

Baca juga: Hari Buruh, PBS di Gumas diminta pastikan kesejahteraan pegawai

Menurutnya, tantangan lebih besar dihadapi oleh para guru di daerah yang belum tersedia jaringan internet, sehingga mereka dituntut mencari berbagai cara agar kegiatan belajar dari rumah tetap berjalan dengan baik.

"Harapan saya, walau kita sedang mengalami pandemi COVID-19, kegiatan belajar tetap harus berjalan dengan baik. Tentunya dengan mengedepankan protokol COVID-19,” kata politisi Partai Nasional Demokrat ini.

Baca juga: Legislator Gumas sarankan proyek pembangunan besar ditunda

Baca juga: Kecamatan di Gumas bangun posko COVID-19 di perbatasan

Baca juga: Gumas pusatkan pelayanan imunisasi di fasilitas kesehatan